Kompas.com - 22/08/2017, 18:04 WIB
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekitar 2.500 orang peserta akan meramaikan acara Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 di Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (26/8/2017) mendatang.

Ribuan peserta tersebut berasal dari berbagai komunitas, seniman, dan perwakilan penyelenggara festival di Indonesia.

"Ada 60 kontingen yang ikut karnaval. Setiap kontingen paling sedikit 10 orang, paling banyak 100 orang," kata Ketua Tim Kurator Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017, Aat Suratin setelah jumpa pers di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (22/8/2017).

BACA: Akhir Pekan Ini, Karnaval Kemerdekaan 2017 Digelar di Kota Bandung

 

Menurut Aat, peserta Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 tak hanya menampilkan budaya dan tradisi di Indonesia. Ia mengatakan ada juga penampilan-penampilan dari gejala-gejala budaya yang ada di Indonesia.

"Jadi nanti ada juga cosplay. Ini bisa menjadi karnaval yang hangat, akrab, komunikatif, dan bisa berbagi kebahagiaan. jadi harus merangkul segala kalangan. Jadi tak hanya seni budaya tradisi, tapi juga ada budaya yang lainnya," tambahnya.

Aat mengatakan komunitas-komunitas yang akan tampil dikurasi oleh tiga kurator yakni Aat Suratin, Dynan Fariz, dan Heru Mataya.

"Kami punya durasi dari pukul 8.00 sampai 10.00 pagi. Jadi nanti ada penampilan warna, gerak, dan bunyi. Kami juga akan menampilkan beberapa komunitas adat yang ada di Jawa Barat. Yang kita data itu ada 20 adat. Nanti ketua adat akan rembukan tampilkan satu penampilan," ujarnya.

Adapun rangkaian kegiatan karnaval di Bandung akan dimulai pukul 08.00 WIB dengan panjang lintasan karnaval 2,2 km. Rute karnaval start dari Simpang Lima menuju Hotel Savoy Homann, Gedung Merdeka, dan finish di Alun-Alun Kota Bandung.

Karnaval kemerdekaan kali ini juga akan diramaikan Rombongan Rebana dari Pondok Pesantren Nurul Iman, Karaton Kapangeranan Gebang Kinatar Cigugur Kuningan, Kuda Renggong Sumedang, Kesenian Gotong Garuda, Reog Ponorogo, kesenian Sisingaan asal Subang, serta perwakilan budaya dari 12 provinsi di Indonesia.

Karnaval ini juga akan melibatkan berbagai komunitas anak muda dan komunitas budaya di Bandung, seperti Paguyuban Sepeda Baheula Bandung, Komunitas Historia Van Bandung,  Pemain Engrang Jack Obin, Mojang Lenjang dan Jajaka Gandang Parahyangan, Atlet Sepatu Roda KONI Bandung, dan Komunitas Cosplay Bandung.

Penyelenggara melibatkan karnaval-karnaval terkenal lainnya di Indonesia, seperti Jember Fashion Carnaval, Solo Batik Carnival, dan Tomohon International Flower Festival.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.