Kawasan Kota Tua Gorontalo Dipetakan Balai Pelestarian Cagar Budaya

Kompas.com - 23/08/2017, 22:06 WIB
|
EditorSri Anindiati Nursastri

GORONTALO, KOMPAS.com  -  Kawasan kota tua Gorontalo berhasil dipetakan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB).

Kawasan kota tua ini berada di pusat kota yang kini menjadi ibu kota Provinsi Gorontalo. lLuasannya meliputi beberapa kelurahan dan kecamatan.

“Kawasan yang kami petakan meliputi pembagian kawasan Kampung Cina, Kampung Arab, Kampung Bugis, Kampung Belanda, dan kawasan yang dihuni pembesar Gorontalo,” kata Alland Ferdinand Ambo selaku Pengolah Data Cagar Budaya BPCB Gorontalo,  Rabu (23/8/2017).

BACA: Tiga Kuliner Khas yang Wajib Dicoba di Gorontalo

Tiga kelompok diturunkan dalam kegiatan ini. Mereka bertugas memetakan kawasan, mengkaji sosial dan budaya, serta mengkaji arsitektur bangunan.

Kelompok ini berhasil mengetahui batas-batas kawasan dan ciri khas arsitektur bangunan tua yang tersisa. Mereka menyusuri kawasan pertokoan, serta bantaran sungai Bolango dan Bone yang membelah Kota Gorontalo.

BACA: Kue Popaco, Kue Basah Manis Legit Nan Harum dari Gorontalo

“Kami melibatkan beberapa pihak dalam pemetaan ini. Antara lain perguruan tinggi, komunitas, dan Pemerintah Kota Gorontalo,” jelas Allan.

Data yang dihasilkan dalam pemetaan ini akan dijadikan usulan penetapan kawasan kota tua Gorontalo sebagai kawasan cagar budaya nasional. Kegiatan ini berlangsung selama 12 hari, mulai 11-22 Agustus 2017.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.