Kompas.com - 20/09/2017, 07:24 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata, Tendi Nuralam mengatakan ada 10 destinasi wisata kuliner unggulan yang ditawarkan untuk wisatawan.

Hal itu diungkapkan di sela-sela acara "Workshop Strategi Pemasaran Wisata Kuliner dan Belanja dalam Tingkatkan Kunjungan Wisatawan Mancanegara".

"Ada 10 destinasi wisata kuliner (yang diunggulkan). Ada Bali, Joglosemar (Yogyakarta, Solo, dan Semarang), Bandung, Medan, Palembang, Malang, Batam, dan Surabaya," ujar Tendi di Jakarta, Selasa (19/9/2017).

(BACA: Ini Rute Wisata Kuliner di Solo, Tiga Hari Penuh!)

Menurutnya, 10 destinasi wisata kuliner prioritas tersebut dipilih atas beberapa kriteria. Tendi mengatakan salah satu kriteria yang ditentukan adalah komitmen pemimpin daerah untuk mengembangkan wisata kuliner.

Rendang yang disajikan di acara Promoting Wonderful Indonesia to The Yachting Community In Hongkong di The Hebe Haven Yacht Club, Sai Kung, Hongkong, Jumat (17/6/2016) malam. Anggota komunitas yachter The Hebe Haven Yacht Club rata-rata menyukai hidangan rendang.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Rendang yang disajikan di acara Promoting Wonderful Indonesia to The Yachting Community In Hongkong di The Hebe Haven Yacht Club, Sai Kung, Hongkong, Jumat (17/6/2016) malam. Anggota komunitas yachter The Hebe Haven Yacht Club rata-rata menyukai hidangan rendang.
"Kita lihat Padang. Bagaimana pedulinya terhadap wisata kuliner. Selain itu ada sentra kulinernya, kebersihan, dan komitmen masyarakat untuk mengembangkan wisata kuliner," tambahnya.

(BACA: 4 Rekomendasi Kuliner Kambing Paling Top di Jakarta)

Ia mencontohkan Kabupaten Malang yang gencar melakukan pengembangan wisata kuliner. Menurutnya, masyarakat Malang kini dianggap mendorong potensi wisata kuliner.

"Selain higienitasnya, tapi kami juga lihat nilai sejarahnya," ujarnya.

Pempek, salah satu makanan khas Palembang, banyak disajikan di rumah makan-rumah makan di Jakarta. Salah satunya di Cawan Putih di Jalan Sabang, Jakarta Pusat.KOMPAS/RADITYA HELABUMI Pempek, salah satu makanan khas Palembang, banyak disajikan di rumah makan-rumah makan di Jakarta. Salah satunya di Cawan Putih di Jalan Sabang, Jakarta Pusat.
Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana mengatakan wisata kuliner dan belanja di Indonesia berpotensi menjadi alasan utama bagi wisatawan saat berlibur.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.