Kompas.com - 24/09/2017, 14:03 WIB
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kerajaan Thailand (Royal Thai Government) mengumumkan pada 25-29 Oktober 2017 akan dilaksanakan kremasi kerajaan terhadap mendiang Raja Bhumibol Adulyadej.

Untuk memeringati momen penting tersebut, 26 Oktober 2017 ditetapkan sebagai hari libur nasional di Thailand.

"Selama proses kremasi kerajaan yang berlangsung selama lima hari, atraksi wisata turis dibuka seperti biasa. Kecuali Grand Palace di Bangkok dan Temple of the Emerald Buddha," begitu informasi resmi dari situs Tourism Authority of Thailand (TAT).

BACA: Liburan ke Thailand, Apa yang Baru dan Seru?

Dua tempat tersebut akan ditutup untuk wisata terhitung dari tanggal 1-29 Oktober 2017. Sebab tempat tersebut menjadi lokasi dari kremasi kerajaan.

TAT juga menghimbau bagi wisatawan untuk terus membaca berita terbaru mengenai kremasi kerajaan. Meski transportasi, bank, lokasi belanja, rumah sakit, dan fasilitas umum lain di Thailand beroperasi seperti biasa, tetapi diperkirakan akan ada kemacetan di beberapa area.

"Kami memohon kepada pengunjung untuk memahami bahwa ini adalah masa yang sensitif bagi Thailand, dan baiknya menghormati perasaan dan sensitivitas masyarakat Thailand," tulis TAT.

BACA: Royal Project, Warisan Mendiang Raja Thailand kepada Rakyatnya...

Nantinya akan banyak masyarakat Thailand yang mengenakan busana bewarna hitam sebagai lambang belasungkawa. Wisatawan tak dihimbau mengenekan busana hitam, tetapi diminta untuk berbusana sopan saat berada di tempat umum.

Raja Thailand Bhumibol Adulyadej meninggal dunia pada Kamis (13/10/2016) pada usia 88 tahun. Ia adalah raja kesembilan dari Dinasti Chakri. Tercatat sebagai monarki paling lama berkuasa di dunia setelah resmi menduduki tahta Thailand pada 1946.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.