Kompas.com - 02/10/2017, 18:30 WIB
Pegawai Batik Tulis Sigit Witjaksono saat menyelesaikan pembuatan batik lasem. TRIBUN JATENG/M SYOFRI KURNIAWANPegawai Batik Tulis Sigit Witjaksono saat menyelesaikan pembuatan batik lasem.
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Batik sebagai warisan budaya tak benda memang menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia. Namun ada baiknya Anda mengenal proses dan motif batik yang begitu kaya. Tak kenal maka tak sayang, mari belajar tentang batik ke sentra pengrajinnya langsung.

BACA: Ini Tips Membeli Batik, Jangan Tertipu...

 

Setiap provinsi di Jawa umumnya memiliki kampung penghasil batik yang menerima kunjungan wisatawan. Berikut kampung penghasil batik yang dapat dikunjungi.

1. Solo

Di Solo sebetulnya terdapat dua kampung batik. Yang pertama adalah Kampung Batik Laweyan dan Kampung Batik Kauman. Hal yang membedakan dua tempat tersebut adalah motifnya.

Kampung Batik Laweyan memiliki ratusan jenis motif dan kecenderungan warna yang terang. Sedangkan Kampung Batik Kauman memiliki kecenderungan motif yang berwarna cokelat cenderung gelap.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kampung Batik Laweyan terletak di Jalan Jalan Doktor Radjiman nomor 521, Laweyan, Jawa Tengah. Sedangkan Kampung Batik Kauman terletak di Jalan Wijaya Kusuma.

2. Yogyakarta

Kampung Batik Ngasem terletak di kawasan Keraton. Terdapat banyak sekali toko yang menjual batik di Kampung Ngasem di sepanjang jalan. Mulai dari pakaian, sarung bantal, taplak meja, sampai sprei motif batik dijual di sini. Harganya mulai Rp 40.000 hingga ratusan ribu rupiah.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memilih batik di IBC Pekalongan, Rabu (14/6/2017)Kompascom/Nazar Nurdin Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memilih batik di IBC Pekalongan, Rabu (14/6/2017)

3. Pekalongan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.