Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/10/2017, 19:04 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata menggandeng para pelaku industri pariwisata di Provinsi Kepulauan Riau untuk bekerja sama menawarkan paket promo wisata untuk para wisatawan asal Singapura dan Malaysia. Tujuannya menggenjot kunjungan wisatawan dari kedua negara tersebut saat hari kerja atau weekdays.

Paket promo wisata yang ditawarkan para pelaku industri wisata di Kepulauan Riau ini merupakan bagian dari program cross border tourism yang kini tengah digalakkan oleh Kementerian Pariwisata.

Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Tenggara Kementerian Pariwisata, Rizky Handayani Mustafa, mengatakan adanya promo wisata saat weekdays dilatarbelakangi masih kecilnya jumlah kunjungan wisatawan asal Singapura dan Malaysia saat waktu tersebut.

"Saat weekend memang ramai. Tapi ketika weekdays ini yang masih sedikit. Akibatnya banyak kamar-kamar hotel yang kosong. Dari situlah, kita mulai berpikir bagaimana jika mereka ditawarkan untuk tetap mau datang saat weekdays," kata Rizky kepada Kompas.com di Singapura, Jumat (13/10/2017).

Di Kepri, ada dua pulau yang rutin menjadi tujuan utama wisatawan asal Singapura dan Malaysia yakni Batam dan Bintan. Menurut Rizky, wisatawan asal Singapura dan Malaysia yang mau datang ke Batam dan Bintan pada hari Senin-Kamis akan memperoleh paket perjalanan dengan harga yang relatif murah. Seperti memperoleh harga tiket kapal penyeberangan (ferry) dengan rute Singapura-Batam pulang pergi hanya dengan 20 dollar Singapura (SGD) sudah termasuk terminal fee.

"Harga ini sangat murah dibanding harga normal sebesar 48 SGD," ujar Rizky.

Rizky memaparkan tarif ferry dengan harga 20 SGD ini berlaku untuk perjalanan dengan menggunakan Kapal Batam Fast ke tiga dermaga yang ada di Batam yakni Batam Center, Sekupang, dan Nongsa Pura. Sedangkan bila dermaga tujuannnya ke Harbour Bay, maka harga tiketnya sedikit lebih mahal yakni menjadi 26 SGD untuk weekdays.

Untuk memperoleh tiket ferry dengan harga tersebut, Rizky menyebut wisatawan hanya perlu memilih salah satu dari 250 paket tour dari 58 industri pariwisata yang ada di Kepri, meliputi jasa di bidang perhotelan, spa, golf, dan paket tur.

"Kami telah bekerjasama dengan industri ferry dan industri pariwisata di Batam dan Bintan untuk menciptakan paket-paket yang sangat spesial untuk ditawarkan kepada calon wisatawan," ujar Rizky.

Data Kementerian Pariwisata menyebutkan saat ini sudah ada 82 industri pariwisata di Kepri yang bergabung dalam program cross border tourism.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com