Kerap Dicari Para Penyelam, Ini Fakta Unik Pari Manta

Kompas.com - 24/10/2017, 16:11 WIB
Seekor manta jensi oceanic manta di spot Manta Sandy, Kepulauan Raja Ampat, tertangkap kamera petugas Conservation International (CI) Indonesia. Dokumentasi Conservation International (CI) IndonesiaSeekor manta jensi oceanic manta di spot Manta Sandy, Kepulauan Raja Ampat, tertangkap kamera petugas Conservation International (CI) Indonesia.
|
EditorSri Anindiati Nursastri

WAISAI, KOMPAS.com - Bergerak seperti burung yang anggun di dalam laut, pari manta kerap menjadi salah satu idola diver salah satunya di Raja Ampat. Sosok pari manta mengundang penasaran para penyelam. 

Hewan penuh kharisma ini ternyata memang punya keunikan dan keunggulan dibanding hewan laut lainnya. Selain daya jelajah yang jauh juga bentuk yang besar, ada berbagai fakta unik tentang pari manta yang patut diketahui wisatawan.

Berikut KompasTravel rangkum berdasarkan data dari Kelompok Kerja (Pokja) Manta, Raja Ampat yang bekerja sama dengan Conservation International (CI) Indonesia.

1. Ikan pintar

Pari manta ialah ikan yang pintar karena memiliki rasio otak dan ukuran tubuh yang paling besar di antara jenis ikan lainnya.

Pari manta seringkali berinteraksi dengan wisatawan, dan dipercaya bisa mengenali manusia dari matanya.

2. Cara makan

Pari manta memakan plankton dengan cara menyaring air laut melalui mulut dan insang. Cara makan dengan menyaring plankto yang ada di dasar laut dinamakan bottom feeding, sedangkan yang di permukaan bernama surface feeding.

Manta menyaring plankton dengan membuka mulut sebesar-besarnya, kemudia berjalan mengikuti arus plankton.

"Manta bisa 'membaca' arus yang membawa plankton, salah satunya membawa ke spot Manta Sandy di Raja Ampat," ujar Nikka, salah satu staf CI Indonesia kepada KompasTravel.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X