Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/10/2017, 12:38 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

WAISAI, KOMPAS.com - Bagi para penyuka selam (diving), nampaknya Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat menjadi salah satu daerah yang wajib didatangi. Ada lebih dari 76 spot diving, yang bisa dinikmati dengan berbagai karakteristiknya.

Di samping lautnya yang indah, Raja Ampat juga dikenal memiliki arus laut yang cukup deras. Sehingga penyelam sangat perlu memperhatikan lokasi juga cuaca yang sering berubah-ubah.

(BACA: Ini Cara Agar Wisata ke Raja Ampat Tidak Mahal)

Salah satu senior guide Raja Ampat, yang juga pernah menjadi bagian dari Conservation International (CI) selama 17 tahun, Husen mengatakan ada beberapa titik selam yang bersahabat bagi pemula.

"Biasanya titik tersebut digunakan juga untuk mengajari wisatawan yang belum berlisensi selam," ujar Husen kepada KompasTravel, di Waiwo Dive Center, Raja Ampat, Kamis (19/10/2017).

Pulau Arborek di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Pulau Arborek di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.
1. Arborek

Salah satu pulau terbaik bawah lautnya ini memiliki cirikhas school fish yang banyak. Tak heran wisatawan asing maupun lokal memilih pulau ini menjadi destinasi wajib Raja Ampat.

(BACA: Berlibur ke Raja Ampat Memang Mahal, tapi Anda Tak Akan Menyesal...)

Untuk penyelam pemula, pulau ini memiliki sebagian kecil lokasi yang aman untuk belajar. Karena memiliki kedalaman yang bertahap dan relatif aman dari arus besar.

"Karena di situ masih kita bisa turun bertahap dua, tiga, empat meter sampai 15 meter yang untuk belajar. Tapi hanya beberapa dive center yang bisa (mengajarkan)," kata Husen.

2. Yenbuba

Di Kampung Yenbuba yang termasuk dalam Distrik Meos Mansar, Pulau Mansuar, Kabupaten Raja Ampat ini juga menjadi salah satu titik selam favorit. Lautnya yang jernih dan ikannya yang beragam menjadi keunggulannya.

Para diver wisatawan mancanegara diving di spot Kampung Wisata Yenbuba, di Pulau Manswar, Raja Ampat, Papua Barat. Laut yang jernih, biota yang kaya, serta masih cukup terawat membuatnya jadi salah satu spot diving favorit di Raja Ampat.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Para diver wisatawan mancanegara diving di spot Kampung Wisata Yenbuba, di Pulau Manswar, Raja Ampat, Papua Barat. Laut yang jernih, biota yang kaya, serta masih cukup terawat membuatnya jadi salah satu spot diving favorit di Raja Ampat.
Di pulau ini juga terdapat kedalaman yang bertahap untuk belajar selam. Selain itu tak perlu jauh berenang untuk melihat karang dan ikan yang cantik. Cukup di dermaga, saja Anda sudah bisa terpukau dengan keindahan biota lautnya.

"Jangan masuk situ (Yenbuba) ketika air baru surut dan air baru pasang. Karena kalau baru mau surut arus keluar kencang sekali, dan saat pasang, arus masuk kencang sekali," jelas Husen.

Namun, bagi para pemula yang mau belajar diving harus mencari dive center khusus yang memiliki program tersebut. Dalam program khusus tersebut Anda akan diberi pelatihan dan materi beberapa kali, sebelum diajak diving.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com