Kompas.com - 03/11/2017, 15:18 WIB
Seorang wisatawan menikmati pemandangan di Pantai Desa Amed, Karangasem, Bali, Jumat (29/9/2017). Kementerian Pariwisata menyatakan, secara umum pariwisata Bali masih normal meskipun terjadi peningkatan aktivitas Gunung Agung yang saat ini pada level awas. ANTARA FOTO/NYOMAN BUDHIANASeorang wisatawan menikmati pemandangan di Pantai Desa Amed, Karangasem, Bali, Jumat (29/9/2017). Kementerian Pariwisata menyatakan, secara umum pariwisata Bali masih normal meskipun terjadi peningkatan aktivitas Gunung Agung yang saat ini pada level awas.
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Garuda Indonesia dan otoritas pariwisata Australia (Tourism Australia) melakukan kerja sama peningkatan pariwisata dengan total nilai 1,2 juta dollar Australia. Kerja sama antara dua institusi tersebut ditargetkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dari dua negara tersebut.

"Nilai kerja sama (kami) total 1,2 juta dollar dalam sisi pemasaran. Dollar Australia. Saya punya satu pekerjaan dan itu untuk mengisi pesawat mereka (Garuda Indonesia) dengan orang Indonesia. Ada banyak orang Australia yang datang ke Indonesia dan bisa membawa lebih banyak selain ke Bali. Namun, tugas saya adalah mengajak orang Indonesia untuk menemukan negara saya dan itu adalah tujuan nomor satu setiap tahun saat kita memperbarui kemitraan ini," kata Regional General Manager South and South East Asia Tourism Australia, Brent Anderson di Kantor Garuda Indonesia, Jakarta, Jumat (3/11/2017).

(Baca juga : Nusa Penida Semakin Ramai Dikunjungi Wisatawan )

(dari kiri ke kanan) Country Manager, Singapore Indonesia, Tourism Australia Scott Walker; Regional General Manager Sounth and South East Asia, Tourism Australia, Brent Anderson; Direktur Marketing dan Teknologi Informasi Garuda Indonesia, Nina Sulistyowati; Direktur Kargo Garuda Indonesia, Sigit Muhartono dalam penandatangan kerjasama di Kantor Garuda Indonesia, Jakarta, Jumat (3/11/2017).KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO (dari kiri ke kanan) Country Manager, Singapore Indonesia, Tourism Australia Scott Walker; Regional General Manager Sounth and South East Asia, Tourism Australia, Brent Anderson; Direktur Marketing dan Teknologi Informasi Garuda Indonesia, Nina Sulistyowati; Direktur Kargo Garuda Indonesia, Sigit Muhartono dalam penandatangan kerjasama di Kantor Garuda Indonesia, Jakarta, Jumat (3/11/2017).
Ia mengatakan Indonesia merupakan pasar pariwisata yang potensial bagi Australia. Brent menilai Indonesia memiliki segmen kelas menengah yang sedang berkembang.

"Turis Indonesia kini makin dewasa. Saya pikir tantangan terbesar bagi mitra kami di pasar telah berubah dari dua tiga tahun yang lalu, 80 persen itu wisatawan grup, dan 20 persen FIT (free individual traveler). Dalam 3 tahun telah berbalik. Orang Indonesia jauh lebih berpengalaman wisatanya dan menjelajah jauh lebih luas," kata Brent.

Direktur Marketing dan Teknologi Informasi Garuda Indonesia, Nina Sulistyowati mengatakan kerja sama antara Garuda Indonesia dan otoritas pariwisata Australia memasuki tahun keempat. Menurutnya, kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan arus kunjungan wisatawan dari Australia ke Indonesia dan sebaliknya.

Dome Fremantle, salah satu restoran yang wajib dicoba bila berkunjung ke Fremantle, Australia Barat.travel-tour-guide.com Dome Fremantle, salah satu restoran yang wajib dicoba bila berkunjung ke Fremantle, Australia Barat.
"Jadi yang bisa kita lihat dari penambahan kunjungan wisata dari Indonesia ke Australia, secara berkelanjutan dari kunjungan Australia mengalami kenaikan dan juga sebaliknya. Untuk dari Australia ke Indonesia itu 12 persen," ujar Nina.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

(Baca juga : Mau Liburan Seru Sekeluarga? Coba ?Roadtrip? di Australia Barat )

Adapun dengan kerja sama ini Garuda Indonesia berhasil mengangkut sebanyak 521.142 penumpang di regional Australia selama periode September 2016 – Juni tahun 2017. Saat ini, Garuda Indonesia melayani penerbangan ke Australia seperti Sydney, Melbourne dan Perth.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.