Kompas.com - 27/11/2017, 10:25 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam waktu dekat Anda ingin ke Lombok namun terkendala karena tidak dapat menggunakan transportasi udara? Memang pada pekan ini tepatnya Minggu (26/11/2017), Bandara Lombok Praya sempat ditutup sejak sore hari sekitar pukul 16.15 WIB atau 17.15 Wita hingga Senin (27/11/2017) pukul 06.00 Wita.

Penutupan bandara disebabkan adanya dampak dari erupsi Gunung Agung di Karangasem, Bali sejak Sabtu (25/11/2017).

(Baca juga : Tak Perlu Panik Gunung Agung Meletus, Perhatikan 5 Hal Ini)

Jangan khawatir, jika Anda tidak dapat menggunakan transportasi udara ke Lombok, sebab masih ada alternatif lain yang bisa Anda gunakan.

Nah, alternatif lainnya bisa Anda tempuh yakni melalui jalur darat dan laut. Transportasi yang bisa digunakan antara lain kereta api, bus dan kapal feri. Anda pun bisa menggunakan alternatif menuju Lombok dengan harga yang lebih terjangkau ala backpacker dengan biaya kurang dari Rp 400.000.

(Baca juga : Lombok Sangat Populer di Korsel)

Untuk Anda yang menempuh perjalanan dari Jakarta, pertama dapat menggunakan kereta api ke Surabaya dengan kereta api Gaya Baru Malam, biayanya Rp 110.000.

Pelabuhan Gilimanuk, Bali KOMPAS.com/SRI LESTARI Pelabuhan Gilimanuk, Bali
Jadwal perjalanan kereta api tersebut berangkat pukul 10.15 WIB dan tiba di Stasiun Surabaya Gubeng pukul 01.35 WIB. Jika menggunakan transportasi ini, waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 14 jam 15 menit.

Setibanya di Stasiun Surabaya Gubeng, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Banyuwangi menggunakan kereta api Sri Tanjung hingga sampai di Stasiun Banyuwangi Baru, selama kurang lebih 6 jam 45 menit.

Untuk bisa menggunakan kereta tersebut Anda bisa berangkat pukul 14.30 WIB dan tiba di Stasiun Banyuwangi Baru pada pukul 21.15 WIB dengan biaya sebesar Rp 100.000.

Sesampainya di Stasiun Banyuwangi Baru, Anda bisa menggunakan moda transportasi lainnya seperti bus jurusan Terminal Ubung di Denpasar, Bali.

Namun, Anda harus berjalan kaki terlebih dahulu selama 15 menit ke Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi untuk bisa menemukan bus tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.