Jangan Nekat! Pendakian Gunung Prau Ditutup Mulai Januari 2018

Kompas.com - 13/12/2017, 21:05 WIB
puncak gunung KOMPAS.com/NAZAR NURDINpuncak gunung
|
EditorWahyu Adityo Prodjo

JAKARTA, KOMPAS.com - Perum Perhutani, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Utara, menutup pendakian Gunung Prau, Jawa Tengah di awal 2018. Langkah tersebut sebagai tindakan rutin yang dilakukan setiap tahun.

Penutupan tersebut mulai 5 Januari 2018 hingga 4 April 2018. Selama itu, akan dilakukan perbaikan jalur-jalur pendakian hingga kegiatan penghijauan/konservasi.

Kepala Urusan Komunikasi Perusahaan Perhutani KPH Kedu Utara Divisi Regional Jawa Tengah, Herman Sutrisno mengatakan selama penutupan tersebut, perbaikan jalur-jalur pendakian dilakukan oleh basecamp-basecamp. Hal tersebut bertujuan untuk keamanan dan kenyamanan pendaki setelah masa penutupan.

(Baca juga : Apa yang Membuat Gunung Prau Selalu Ramai Dikunjungi?)

"(Penutupan pendakian) Merupakan bentuk kepedulian Perhutani dan basecamp-basecamp untuk berusaha mengembalikan kondisi alam Gunung Prau setelah 9 bulan diekploitasi untuk pendakian," tutur Herman saat dihubungi KompasTravel, Rabu (13/11/2017).

Para pemuda menikmati pemandangan dari atas Gunung Prau, Dieng, Jawa TengahKOMPAS.com/NAZAR NURDIN Para pemuda menikmati pemandangan dari atas Gunung Prau, Dieng, Jawa Tengah

Senada dengan itu, Ketua Forum Koordinasi Gunung Prau Indonesia (FKPI), Raybowo juga mengatakan alasan penutupannya ialah reboisasi. 

"Bijak bereksploitasi, memberikan jeda waktu istirahat untuk gunung," tambahnya saat dihubungi KompasTravel di hari yang sama.

Penutupan dan aksi penghijauan yang dilakukan merupakan kesepakatan dari semua basecamp yang tergabung dalam FKPI Gunung Prau. Ada delapan basecamp, berasal dari lima kabupaten berbeda, yaitu Pranten, Dwarawati, Dieng, Kalilembu, Patakbanteng, Igirmranak, Wates, dan Kenjuran.

(Baca juga : Pendakian Gunung Prau Ditutup, Ini Wisata Alternatif Seputar Dieng)

Ribuan pendaki berada di puncak Gunung Prau, Kabupaten Wonosobo, Jawa TengahKOMPAS.com/NAZAR NURDIN Ribuan pendaki berada di puncak Gunung Prau, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah
Bagi individu yang tetap naik saat masa penutupan tersebut akan dikenakan sanksi Rp 250.000. Sedangkan, bagi basecamp yang tetap memperbolehkan pendakian pada waktu tersebut, juga dikenai sangsi Rp 500.000 per pendaki.

"Untuk mentaati penutupan ini, mari berpikir arif dan bijaksana dalam menyalurkan hobi. Kondisi lingkungan perlu diperhatikan," tambah Herman.

Ia meminta pendaki yang ingin mendaki Gunung Prau agar dialihkan ke gunung lain. Herman  mengajak turut serta para pendaki, dalam kegiatan penghijauan selama penutupan berlangsung.

Pendaki bisa menghubungi basecamp-basecamp Gunung Prau terdekat, sebelum 6 Januari 2018.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X