Kompas.com - 26/04/2017, 10:37 WIB
Ribuan pendaki memadati Puncak Gunung Prau, di dataran tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah KOMPAS.com | NAZAR NURDINRibuan pendaki memadati Puncak Gunung Prau, di dataran tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Gunung Prau terletak di tiga kabupaten yakni Wonosobo, Banjarnegara dan Kendal. Gunung ini selalu menjadi incaran pendaki saat mengunjungi Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah.

Selain menjadi puncak tertinggi di Dataran Tinggi Dieng, banyak faktor yang menjadikan gunung ini menjadi favorit para pendaki. Berikut KompasTravel rangkum beberapa alasan Gunung Prau selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama pada akhir pekan dan hari libur.

Tempat terbaik melihat sunrise

Siapa yang tak tahu Dataran Tinggi Dieng di Wonosobo. Sebuah dataran tinggi yang menyuguhkan salah satu golden sunrise terbaik di Indonesia. Gunung Prau adalah tempat terbaik melihat golden sunrise tersebut.

Sekitar pukul 3 atau 4 dini hari, puncak Gunung Prau akan dipenuhi para pendaki untuk melihat fenomena golden sunrise ini. Bahkan kegiatan ini merupakan menjadi salah satu kegiatan yang wajib dilakukan ketika mendaki Gunung Prau.

Ramah bagi pendaki pemula

Gunung Prau memiliki tinggi 2.565 mdpl (meter di atas permukaan laut), sehingga relatif tidak terlalu tinggi untuk didaki. Medan yang ditempuh pun tidak seberat apabila mendaki Gunung Merbabu atau Gunung Merapi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Selain pemandangan dari puncak Gunung Prau yang indah, dari segi akses dan medan  pendakian juga mudah. Itu membuat Gunung Prau selalu ramai dikunjungi,“ ujar salah satu pemandu gunung profesional, Fandhi Achmad kepada KompasTravel, Selasa (25/4/17).

Fandhi menyebutkan bahwa rata-rata waktu pendakian dari basecamp sampai puncak pun tidak terlalu lama, yakni 3-4 jam saja.

Banyak pilihan pos basecamp

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.