Selain di Indonesia, Ini 4 Kereta Bandara yang Ada di Dunia

Kompas.com - 02/01/2018, 19:00 WIB
Kereta Bandara saat melakukan uji coba di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta akan menuju stasiun Sudirman, Selasa (28/11/2017). KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELIKereta Bandara saat melakukan uji coba di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta akan menuju stasiun Sudirman, Selasa (28/11/2017).
|
EditorWahyu Adityo Prodjo

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia kini resmi memiliki Kereta (KA) Bandara kedua. Setelah sebelumnya KA Bandara Kualanamu Medan beroperasi 2013, kini giliran KA Bandara Soekarno-Hatta.

Selain Indonesia, telah ada beberapa negara yang memiliki fasilitas serupa. Terutama di tetangga terdekat Indonesia. Berikut KompasTravel rangkum beberapa negara yang memiliki moda transportasi KA bandara.

1. Malaysia

Malaysia memiliki dua jenis KA Bandara yaitu KLIA Express dan KLIA Transit yang beroperasi sejak 2002. Keduanya mengantar wisatawan dari pusat kota Kuala Lumpur, ke Kuala Lumpur International Airport (KLIA) dengan jarak 57 kilometer.

Harga tiket kereta ini 35 ringgit atau sekitar Rp 113.000. Waktu tempuhnya mencapai 27-30 menit.

Seorang penumpang melintas di terminal kedatangan di bandara Suvarnabhumi Bangkok, Thailand.Romeo Gacad / AFP Seorang penumpang melintas di terminal kedatangan di bandara Suvarnabhumi Bangkok, Thailand.
2. Thailand

Di negara Gajah Putih, ada dua kereta yang menuju ke bandara yang telah beroperasi sejak 2010. Pertama, menuju Bandara Don Muang dan Suvarnabhumi.

Kereta tersebut menempuh jarak dari pusat kota Bangkok ke Suvarnabhumi sekitar 28 kilometer. Dengan harga tiket 150 baht atau sekitar Rp 50 ribu, waktu tempuh mencapai 30 menit.

 

MRT SingapuraLim Beng chee MRT Singapura
3. Singapura

Di Singapura, transportasi masal kereta bandara diakomodir oleh Mass Rapid Transportation (MRT) SMRT. Stasiun untuk MRT khusus bandara ini dibangun antara terminal dua dan tiga Bandara Internasional Changi.

MRT SMRT ini menghubungkan pusat kota Singapura dengan Bandara Changi.

Bandara Heathrow, London.AFP/ Shaun Curry Bandara Heathrow, London.
4. Inggris

Di Inggris, bandara yang menggunakan moda transportasi kereta ialah Bandara Heatrow, London. Bandara tersebut memiliki dua terminal kereta.

Wisatawan bisa menggunakan tiga jenis KA bandara yaitu Heathrow Express, Heathrow Connect, dan Tube/Underground.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X