Kompas.com - 07/01/2018, 17:02 WIB
Ruang Layanan Anak di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta. Kompas.com/Silvita AgmasariRuang Layanan Anak di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta.

 JAKARTA, KOMPAS.com - Alangkah baiknya mengisi libur akhir pekan anak dengan hiburan nan edukatif. Sayangnya pilihan aktivitas yang mengandung unsur hiburan dan edukatif di Jakarta tidak banyak. Kunjungan ke Perpustakaan Nasional RI dapat menjadi pertimbangan. Selain menghibur juga dapat menumbukan minat baca anak sedari dini.

Di lantai tujuh Perpustakaan Nasional RI terdapat Ruang Layanan Anak. Di sana, anak-anak dapat membaca koleksi buku anak, sembari berinteraksi dengan teman-teman seumuran.

"Saya ke sini (Perpustakaan Nasional RI) lihat Facebook teman, dia ke sini bersama anaknya," kata Lia (41), pengunjung asal Jakarta Selatan yang datang bersama buah hati saat ditemui KompasTravel, Sabtu (6/1/2018).

Lia mengatakan Ruang Layanan Anak di Perpustakan Nasional RI memadai. Serupa dengan Lia, ada Iis (35) pengunjung asal Bekasi yang mengatakan puas dengan Ruang Layanan Anak di Perpustakaan Nasional RI.

"Bagus ya, anak saya sampai betah di sini," kata Iis.

Seoeang anak memih buku bacaan di Ruang Layanan Anak di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta.Kompas.com/Silvita Agmasari Seoeang anak memih buku bacaan di Ruang Layanan Anak di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta.
Berbeda dengan ruang lainnya di Perpustakaan Nasional RI, Ruang Layanan Anak mengharuskan pengunjung untuk melepas alas kaki sebelum masuk. Alasannya ruangan ini dilapisi karpet empuk berwarna-warni cerah. Ada juga bantal duduk yang empuk dengan ukuran mini. Sehingga anak dapat duduk atau bahkan tiduran di bantal tersebut.

Dari pantauan KompasTravel, koleksi buku anak di Ruang Layanan Anak cukup lengkap. Mulai dari ensiklopedia, buka bertema bahasa sampai agama. Semua buku dilengkapi gambar nan ceria, khas buku anak-anak.

Namun karena banyak pengunjung, kondisi buku memang cukup berantakan. Hal ini juga yang disesali oleh Lia.

"Lebih enak kalau diurutkan sesuai subyek jadi lebih mudah untuk anak," kata Lia. Selain itu Iis mengatakan ada beberapa buku yang sudah mulai rusak.

Tersedia halaman di luar Ruang Layanan Anak di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta.Kompas.com/Silvita Agmasari Tersedia halaman di luar Ruang Layanan Anak di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta.

Selain buku, anak-anak juga dapat belajar dari media mural yang memuat kisah dongeng dan fabel yang berwarna seru. Di bagian kanan ruangan tersedia panggung kecil. Ada pula halaman luar ruang yang dimaksud sebagai tempat bermain anak.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.