Kompas.com - 10/01/2018, 07:00 WIB
|
EditorWahyu Adityo Prodjo

KOMPAS.com - Jembatan kaca terpanjang di dunia telah dibuka di Hongayu Scenic Area, Provinsi Hebei, China pada akhir 2017. Jembatan dengan panjang 488 meter dan tinggi 218 meter dari permukaan tanah ini siap menguji keberanian para pengunjung.

"Jembatan gantung kaca Hongayu menandai era baru untuk jembatan kaca di China," kata Ketua dari Grup Hebei Baolu, perusahaan yang membuat jembatan gantung Hongayu seperti dikutip dari laman CNN Travel.

(Baca juga : China Resmikan Jembatan Kaca Terpanjang dan Tertinggi di Dunia)

Proyek konstruksi selama tiga tahun Jembatan Hongayu, mengklaim beberapa rekor dunia. Diantaranya jembatan kaca terpanjang, jembatan kaca dengan transparansi terbaik, dan jembatan gantung khusus pejalan kaki paling menakjubkan. 

Jembatan Hongayu memiliki lebar empat meter dengan 1.077 lapis panel kaca setebal empat sentimeter. Jembatan ini dapat dinaiki oleh 2.000 orang sekaligus tetapi jumlah maksimal pengunjung yang boleh berjalan bersamaan di jembatan adalah 500-600 orang.

Pengunjung tampak ngeri saat berada di jembatan kaca gantung Hongayu di China. CNN Travel Pengunjung tampak ngeri saat berada di jembatan kaca gantung Hongayu di China.
Untuk menaiki jembatan ini pengunjung harus menggunakan sarung khusus alas kaki agar kaca tidak lecet. Bagi pengunjung yang tidak sanggup melanjutkan perjalanan di tengah jembatan, ada petugas yang akan menuntun pengunjung tersebut.

China terkenal sebagai negara yang mengedepankan wisata dari struktur bangunan, seperti jembatan kaca. Sebelum Jembatan Hongayu, ada jembatan kaca di East Taihang Scenic Area.

(Baca juga : Berani Melintasi Jembatan Kaca di China Ini?)

Jembatan dengan panjang 266 meter yang berada di Provinsi Hebei ini terkenal mengerikan. Saat pengunjung berjalan di atas jembatan kaca, kacanya akan terdengar dan tampak retak dari efek tiga dimensi. Panjang jembatan tersebut

Ada juga jembatan kaca tertinggi di Zhangjiajie Grand Canyon, yang tergantung 300 meter di atas permukaan tanah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNN Travel


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.