Kompas.com - 15/01/2018, 18:15 WIB
Danau Phoksundo di Nepal. Lonely PlanetDanau Phoksundo di Nepal.
|
EditorWahyu Adityo Prodjo

JAKARTA, KOMPAS.com - Berlibur ke luar negeri bagi sejumlah orang identik mahal. Namun, bukan berarti bujet terbatas tidak bisa ke luar negeri. Selain pintar mengatur bujet, memilih destinasi juga dapat menghemat pengeluaran saat berlibur.

Beberapa negara di dunia memiliki nilai tukar uang setara atau lebih rendah dari rupiah. Jadi liburan ke negara ini hampir mirip dengan liburan di negeri sendiri. Berikut KompasTravel himpun beberapa negara dengan nilai tukar uang setara atau lebih rendah dari rupiah.

Goa Thien Cung di Halong Bay, Vietnam. Goa ini dijuluki goa surga karena keindahannya.BARRY KUSUMA Goa Thien Cung di Halong Bay, Vietnam. Goa ini dijuluki goa surga karena keindahannya.
1. Vietnam

Vietnam memiliki mata uang bernama dong. Saat artikel ini ditulis, satu dong sama dengan 0,5 rupiah. Sebagai gambaran bersantap di gerai restoran cepat saji asal Amerika Serikat di Vietnam dihargai sekitar 70.000 dong atau setara Rp 40.000. Kabar gembiranya tidak perlu visa ke Vietnam karena termasuk negara Asia Tenggara sehingga jadi bujet dapat lebih ditekan.

Bendera NepalSHUTTERSTOCK Bendera Nepal
2. Nepal

Negara lain yang terkenal murah dikalangan pelancong Indonesia adalah Nepal. Saat ini 1 nepal rupee setara dengan Rp 131. Dilansir dari situs penghitung biaya hidup Numbeo, biaya hidup di Kathmandu, Nepal lebih rendah 22,54 persen dari di Indonesia.

Rata-rata harga makanan di warung makan Nepal sekitar 250 nepal rupee atau setara Rp 32.000. Nepal juga termasuk salah satu negara yang menerima wisatawan asal Indonesia dengan visa on arrival sehingga lebih mudah dalam proses masuk Nepal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

3. Iran

Negara Persia ini menarik untuk dikunjungi. Selain memiliki situs sejarah dengan arsitektur indah, Iran juga terkenal murah.

Satu real iran setara dengan 0.35 rupiah. Biaya hidup di Tehran, Iran peringkat 455 dari 529 negara di dunia. Satu kali makan di restoran standar Iran sekitar 150.000 real atau setara Rp 50.000. Iran juga menerapkan kebijakan visa on arrival untuk wisatawan asal Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X