Catat, Ini 23 Agenda Wisata di Maluku Tahun 2018! - Kompas.com

Catat, Ini 23 Agenda Wisata di Maluku Tahun 2018!

Kompas.com - 13/03/2018, 19:03 WIB
Wisatawan mancanegara menikmati liburan di Banda Neira, Maluku, Selasa (7/4/2015).KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Wisatawan mancanegara menikmati liburan di Banda Neira, Maluku, Selasa (7/4/2015).


JAKARTA, KOMPAS.com – Bila Anda ingin berlibur ke Provinsi Maluku jangan lewatkan untuk melihat pertunjukkan seni, budaya, hingga atraksi lainnya. Plt Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua mengatakan di Maluku ada 23 agenda wisata selama tahun 2018.

Agenda tersebut memiliki tema “Maluku Sensasi Seribu Pulau”, dua diantaranya masuk ke dalam 100 Event Wonderful Indonesia.

“Kekayaan alam di Maluku sangat luar biasa, terutama pantainya yang begitu eksotis dan kearifan lokalnya. Di tahun 2018 ini wisatawan bisa melihat 23 event yang ada di Provinsi Maluku,” ujar Zeth dalam acara peluncuran Calendar of Event (CoE) Provinsi Maluku 2018 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Senin (12/3/2018).

Mau tahu apa saja event yang dilangsungkan di Provinsi Maluku? Berikut ini adalah uraian event, waktu dan lokasinya.

1. Festival Ina Ata

Festival ini dilaksanakan di Desa Abubu, Pulau Nusa Laut, Kabupaten Maluku Tengah yang berlangsung pada 2 Januari 2018. Dalam festival ini wisatawan bisa melihat pentas seni, lomba, hingga wisata keliling Pulau Nusa Laut.

2. Festival Budaya Banda

Keragaman budaya masyarakat Pulau Banda bisa disaksikan dalam festival ini. Lalu wisatawan juga bisa melihat peninggalan bersejarah di sana. Acara ini akan digelar pada April 2018 di Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah

3. Festival Musik Jalur Rempah

Agenda ini dilakukan untuk mengangkat kejayaan jalur rempah di Provinsi Maluku. Pelaksanaannya dilakukan pada 10 hingga 14 Mei 2018 berada di tiga tempat yang merupakan situs sejarah. Di antaranya di Kecamatan Leihitu (Pulau Ambon) tepatnya di Benteng Amsterdam. Lalu di Benteng Nassau di Kecamatan Banda (Pulau Banda Neira) dan Benteng Durstede Kecamatan Saparua (Pulau Saparua).

Patung Kapitan Pattimura, di Pattimura Park, Ambon, Maluku, Minggu (29/1/2012). KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Patung Kapitan Pattimura, di Pattimura Park, Ambon, Maluku, Minggu (29/1/2012).

4. Hari Pattimura

Perayaan yang dilakukan pada 15 Mei 2018 ini memperingati lahirnya Pahlawan Nasional dari Maluku bernama Thomas Matulessy atau Kapitan Pattimura. Nantinya akan ada ritual penyalaan obor induk dari Pulau Saparua diarak estafet hingga ke Kota Ambon.

5. Atraksi Pukul Sapu

Atraksi ini merupaka ritual yang dilakukan tiap tahun tepatnya hari ke-7 usai lebaran Idul Fitri. Pertunjukan akan dilakukan para pemuda yang saling berhadapan dan memukul dengan batang sapu lidi. Acara ini akan diselenggarakan pada 23 Juni 2018 di Kecamatan Leihitu (Pulau Ambon) tepatnya di Desa Mamala dan Desa Morela.

6. Spice Island Darwin Ambon Yach Race

Acara ini merupakan perlombaan perahu layar bertaraf internasional. Dilaksanakan pada 5 hingga 14 Agustus 2018. Dimulai dari Darwin, Australia dan garis finish di Amahusu, Ambon.

7. Pesta Teluk Tifu

Wisatawan bisa menyaksikan beragam atraksi budaya, atraksi dan lomba memancing, hingga lomba fotografi. Agenda ini akan dilaksanakan pada tanggal 5-8 Agustus 2018 di Desa Tifu, Kecamatan Leksula dan di Kecamatan Fena Fafan tepatnya di Desa Mengsuaen, Desa Waekatin dan Desa Fakal.

8. Festival Duta Bahari Indonesia

Acara pemilihan putera-puteri bahari Maluku ini dilaksanakan di Kota Ambon pada tanggal 15 hingga 18 Agustus 2018. Wisatawan bisa pula menyaksikan atraksi seni dan budaya khas Maluku di sana.

9. Festival Pamahanunusa

Menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia akan dilaksanakan pula Festival Pamahanunusa dengan beragam lomba dan atraksi di Masohi, Maluku Tengah.

Sejumlah perahu belang ikut beradu cepat dalam lomba Manggurebe Arumbae di Festival Pesta teluk Ambon, Maluku, Jumat (9/9/2016).KOMPAS.com/RAHMAT RAHMAN PATTY Sejumlah perahu belang ikut beradu cepat dalam lomba Manggurebe Arumbae di Festival Pesta teluk Ambon, Maluku, Jumat (9/9/2016).

10. Festival Teluk Ambon

Wisatawan bisa menikmati keindahan bahari di sana, mulai dari karnaval pesona merah putih dari Maluku, pameran, bersih laut, arumbae manggurebe, dan suguhan seni lainnya. Festival ini berlangsung 17 hingga 20 Agustus 2018 di Kota Ambon.

11. Ambon International Open Water Swimming

Acara ini dilakukan pada 23 hingga 25 Agustus 2018 di Desa Poka dan Desa Halong, Teluk Ambon. Di sana wisatawan bisa menikmati keindahan bahari Kota Ambon.

12. Ritual Abda’u

Tradisi adat dari Desa Tulehu, Kabupaten Maluku Tengah sudah turun temurun dilakukan sejak 1.600 Masehi, dan terus dilestarikan hingga kini. Prosesinya mulai dari arak-arak kambing yang kemudian dikurbankan, dan berdoa memohon perlindungan dari pencipta untuk Negeri Tulehu. Ritual ini dilakukan pada 25 Agustus 2018.

13. Bupolo Agro Festival

Agrowisata di Kabupaten Buru bisa dinikmati wisatawan yang merupakan hasil panen. Dilengkapi dengan agro and food ekspo, panen raya, pergelaran seni, hingga lomba pacuan kuda. Akan berlangsung pada 17 hingga 19 September 2018 di Kecamatan Waeapo, Kabupaten Buru.

14. Tour de Molvccas

Event balap sepeda ini melibatkan pembalap nasional dan internasional dari beberapa negara melalui beberapa etape. Akan diselenggarakan pada 4 hingga 6 Oktober 2018.

Gong perdamaian sebagai pengingat sebuah deklarasi damai antar suku beragama di Ambon. KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Gong perdamaian sebagai pengingat sebuah deklarasi damai antar suku beragama di Ambon.

15. Festival Bupolo

Festival ini diadakan pada 12 hingga 14 Oktober 2018 di Kabupaten Buru. Akan ada penampilan 300 penari tarian sawat kolosal hingga perlombaan tepatnya di Pantai Jikumarasa dan Teluk Namlea.

16. Festival Meti Kei

Meti Kei ini merupakan tradisi menangkap ikan dengan cara menarik tali janur kuning. Lalu juga menombak ikan beramai-ramai saat air laut surut. Acara ini dilaksanakan pada 18 hingga 22 Oktober 2018 di Pantai Ngurbloatyang, Kabupaten Maluku Tenggara.

17. Festival Pesona Aru

Dalam festival ini akan ada karnaval budaya, pentas seni budaya, lomba kuliner, film dokumenter tentang pesona wisata Kepulauan Aru serta pameran Budaya digelar pada 24 hingga 27 Oktober 2018.

18. Amboina International Music

Acara lomba menyanyi ini berskala Internasional yang digelar pada 29 Oktober 2018 di Kota Ambon. Event ini juga dilakukan untuk mewujudkan Ambon sebagai kota musik dunia.

19. Pesta Rakyat Banda

Pesta rakyat dengan konsep budaya, sejara, alam, dan bahari bisa dinikmati wisatawan pada 7 hingga 14 November 2018 di Pulau Banda Neira.

20. Festival Budaya Kota Tual

Sesuai dengan namanya, wisatawan bisa menyaksikan bagaimana budaya hingga keindahan bahari di Kota Tual yang berlangsung pada 15 hingga 16 November 2018.

Sejumlah perahu layar yang berpartisipasi dalam Darwin-Ambon Yacht Race and Rally 2015 telah tiba di pesisir Desa Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Maluku, Jumat (11/9/2015).KOMPAS/FRANSISKUS PATI HERIN Sejumlah perahu layar yang berpartisipasi dalam Darwin-Ambon Yacht Race and Rally 2015 telah tiba di pesisir Desa Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Maluku, Jumat (11/9/2015).

21. Bupolo Marine Festival

Bila Anda suka memancing, bisa sakiskan lomba pancing di festival yang berlangsung pada 15 hingga 17 November 2018 di Kota Namlea, Kabupaten Buru. Selain itu juga akan ada kegiatan transpalasi terumbu karang, pelepasan 500 anak penyu, lomba dayung, dan kuliner ikan.

22. Festival Kataloka

Festival ini juga dikenal sebagai hajatan masyarakat di Petuanan Negeri Kataloka, Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku, yang dipimpin oleh Raja Kataloka. Banyak atraksi seni di kampung-kampung dalam festival ini yang dilaksanakan pada 25 November 2018.

23. Cuci Negeri Soya

Acara ini merupakan ritual adat dari Desa Soya, Kota Ambon. Selain upacara adat, masyarakat pun gotong royong membersihkan desa. Wisatawan bisa berkunjung di sana untuk melihat kegiatan masyarakat, seni, hingga kuliner khas desa ini. Acara ini dilakukan pada 14 Desember 2018.


Komentar

Terkini Lainnya

Sebelum Kue Artis, 8 Kue Ini Sudah Jadi Bintang di Kotanya

Sebelum Kue Artis, 8 Kue Ini Sudah Jadi Bintang di Kotanya

Food Story
4 Jenis Cokelat Indonesia yang Harus Anda Coba

4 Jenis Cokelat Indonesia yang Harus Anda Coba

Food Story
Liburan ke Thailand, Ini Etika Saat Berkunjung ke Kuil

Liburan ke Thailand, Ini Etika Saat Berkunjung ke Kuil

Travel Tips
Pasar Besar Malang dan Kuliner Legendaris di Dalamnya

Pasar Besar Malang dan Kuliner Legendaris di Dalamnya

Food Story
Serunya Panen Sayur hingga Bunga Matahari di Dekat Jakarta

Serunya Panen Sayur hingga Bunga Matahari di Dekat Jakarta

Travel Story
Menghadirkan Kuliner Indonesia di Benua Biru

Menghadirkan Kuliner Indonesia di Benua Biru

Food Story
4 Tips Rahasia Memilih Kepiting Segar

4 Tips Rahasia Memilih Kepiting Segar

Food Story
6 Olahan Nasi Gurih di Indonesia yang Wajib Diketahui

6 Olahan Nasi Gurih di Indonesia yang Wajib Diketahui

Food Story
12 Hotel Ini Bisa Jadi Pilihan Liburan di Bali

12 Hotel Ini Bisa Jadi Pilihan Liburan di Bali

Hotel Story
Kuliner Nasional Indonesia Terus Disiapkan untuk Tarik Wisman

Kuliner Nasional Indonesia Terus Disiapkan untuk Tarik Wisman

News
Promo Pesan Hotel Gratis Vocer Tiket Pesawat, Mau?

Promo Pesan Hotel Gratis Vocer Tiket Pesawat, Mau?

News
Tips Mengolah Tempe jadi Ragam Hidangan Unik

Tips Mengolah Tempe jadi Ragam Hidangan Unik

Food Story
Mulai Ayam Isi Tempe Sampai Bolu Tempe Hadir di Kaum Jakarta

Mulai Ayam Isi Tempe Sampai Bolu Tempe Hadir di Kaum Jakarta

Food Story
Mengulik Inovasi Bahan Pangan Lokal di Indonesia

Mengulik Inovasi Bahan Pangan Lokal di Indonesia

Food Story
6 Agenda Wisata di Bulan Oktober 2018

6 Agenda Wisata di Bulan Oktober 2018

Travel Story
Close Ads X