Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Terbaik Berkunjung ke Benteng Duurstede di Maluku

Kompas.com - 16/11/2017, 13:28 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Bagi anda pecinta wisata sejarah, nampaknya memang harus coba melancong ke Provinsi Maluku. Salah satu peninggalan termegahnya ialah Fort Duurstede atau Benteng Duurstede.

Benteng yang megah ini telah beberapa kali berpindah tangan, mulai dibangun Portugis pada 1676. Lalu dikuasai VOC mulai 1690, dan sempat direbut pasukan Pattimura, juga terakhir pada zaman kependudukan Jepang.

(Baca juga : Pesona Pulau Saparua dari Alam hingga Sejarah Kekuasaan Hindia Belanda)

Untuk mengunjungi benteng yang berada di ujung Pulau Saparua, Maluku Tengah ini, Anda perlu menyeberang dari pulau Ambon ke Pulau Saparua dan mendarat di Dermaga Porto.

Dari tengah Kota Ambon, wisatawan bisa menumpang taksi dengan harga Rp 200.000 satu mobil menuju Pelabuhan Tulehu sejauh 24 kilometer. Pelabuhan tersebut berada di daerah Kecamatan Salahutu, Maluku Tengah, atau sisi paling timur Pulau Ambon.

Wisatwan sampai di dermaga Porto, Pulau Saparua, setelah satu setengah jam mengarungi laut banda dari Pulau Ambon, Rabu (12/11/2017).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Wisatwan sampai di dermaga Porto, Pulau Saparua, setelah satu setengah jam mengarungi laut banda dari Pulau Ambon, Rabu (12/11/2017).
Dari sana, Anda akan berganti moda dengan kapal cepat yang akan menempuh 50 mil, menuju Pulau Saparua. Ongkos yang harus dikeluarkan per satu kapal cepat berkapasitas tujuh orang ialah Rp 350.000, untuk antar jemput kembali ke Ambon.

Setelah kapal cepat melewati Pulau Haruku, sampailah Anda di Dermaga Porto. Dari sana, Anda bisa berganti moda lagi dengan angkot yang akan mengantar ke Port Duurstede.

Untuk ongkos tiap orang yang naik hanya dikenakan Rp 5.000, sedangkan jika ingin menyewanya untuk berkeliling pulau tersebut sebesar Rp 150.000. Anda bisa diantar ke beberapa pantainya, dan tempat kuliner di pulau tersebut.

Jadi, setelah tahu caranya, segeralah Anda rencanakan berlibur ke Maluku. Khususnya Pulau Saparua yang menyimpan beragam keindahan alam, budaya, dan sejarah.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com