Kompas.com - 06/04/2018, 14:24 WIB
Kapal yacht milik Plataran Komodo Resort & Spa. KOMPAS.com/SILVITA AGMASARIKapal yacht milik Plataran Komodo Resort & Spa.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak pilihan transportasi untuk berpindah pulau di kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur. Mulai dari kapal bemo (kapal kayu mesin klotok) yang memiliki tarif terjangkau sampai kapal yacht dengan tarif yang cukup tinggi. Tentunya harga juga menentukan fasilitas dan kecepatan kapal.

KompasTravel bersama rekan media lain berkesempatan untuk menjajal kapal yacht milik Plataran Komodo Resort & Spa pasca acara Penanggulangan Sampah di Labuan Bajo oleh BNI dan Plataran di Labuan Bajo, Kamis (29/3/2018).

Perjalanan kami dimulai pada pukul 05.30 dari Pelabuhan Labuan Bajo. Kapal yacht dari Palataran Komodo Resort & Spa ini memiliki dua mesin dengan kecepatan 4.500 rpm dan satu mesin untuk cadangan.

Kekuatan mesin membuat perjalanan menjadi lebih singkat. SDari Labuan Bajo ke Pulau Rinca dapat ditempuh selama 45 menit. Padahal biasanya perjalanan dapat ditempuh selama dua jam perjalanan.

Ruang tidur di kapal yacht milik Plataran Komodo Resort & Spa. KOMPAS.com/SILVITA AGMASARI Ruang tidur di kapal yacht milik Plataran Komodo Resort & Spa.

Fasilitas kapal yacht ini berupa satu kamar tidur, toilet, ruang tamu dalam ruang, dan ruang tamu terbuka kapal. Ruang tamu dipengkapi sofa dan meja. Kapal juga dilengkapi oleh GPS untuk memudahkan nahkoda.

"Untuk kapal yacht di Plataran Komodo Resort dan Spa dihargai Rp 20 juta sampai Rp 30 juta per harinya," kata Corporate Director of Sales Plataran, Anasthasia S Handayani. 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kapal yacht dapat memuat enam sampai 12 orang penumpang. Namun kapal ini hanya dapat menjadi transportasi harian.

Sedangkan untuk kebutuhan akomodasi terapung atau Live on Board dapat mengandalkan kapal pinisi Plataran Komodo Resort & Spa yang berukuran lebih besar. 

Wisatawan di ruang berkumpul kapal yacht milik Plataran Komodo Resort & Spa.  KOMPAS.com/SILVITA AGMASARI Wisatawan di ruang berkumpul kapal yacht milik Plataran Komodo Resort & Spa.

"Kapal-kapal kami well-maintenanced (dirawat baik) dan kami fokus dengan keamanan. Dalam setahun selama dua bulan kapal masuk dock untuk dicek dari mesin sampai body," jelas Anasthasia. Ia juga mengatakan standar pelayanan dan makanan yang disajikan selama di kapal akan sama dengan Plataran di darat.

Menurutnya peminat kapal yacht dan pinisi di Plataran Komodo Resort & Spa cukup tinggi. Dalam satu bulan dapat melakukan 25 kali pelayaran. Jika ingin menyewa kapal yacht atau pinisi dari Plataran Komodo Resort & Spa, disarankan untuk melakukan pemesanan satu bulan sebelum tanggal keberangkatan. 

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X