Catat! Inilah Tren Traveling Milenial Tahun 2018

Kompas.com - 14/04/2018, 15:01 WIB
ILUSTRASI - Pelancong mencatat perjalanannya di jurnal. ShutterstockILUSTRASI - Pelancong mencatat perjalanannya di jurnal.

JAKARTA, KOMPAS.com – Tahun 2018 ini tren traveling milenial terus berubah, Dwidayatour mencoba melakukan riset digital pada 1.700 warganet milenial tentang kebutuhan travelingnya, dan hasilnya cukup unik.

Dari 1.700 responden tersebut, 40 persen laki-laki dan 60 persen sisanya perempuan. Mereka mengisi form digital yang disebarkan mulai Januari-Februari 2018.

Berikut fakta hasil yang dihimpun KompasTravel dari riset Dwidayatour tersebut:

1. Tujuan Berwisata Bukan Hanya Melepas Penat

Generasi milenial yang saat ini rata-rata berusia 18-35 melakukan kegiatan wisata tidak hanya untuk refreshing. Namun juga untuk mencari ide-de segar yang akan diaplikasikan mereka dalam pekerjaannya.

Baca juga : 3 Destinasi Domestik Favorit Milenial Tahun 2018

Diketahui dari hasil riset tersebut, tujuh dari10 traveler milenial menganggap liburan itu penting, bukan lagi sekadar refreshing, tapi juga menstimulus ide-ide segar.

"Ide-ide segar itu akan coba diaplikasikan di pekerjaannya, di usahanya, start-upnya. Jadi valuenya bukan sekadar melepas penat, mereka banyak yang perlu kreativitas dalam pekerjaannya," kata Hendriyapto, VP Commercial Dwidayatour, Jumat (13/4/2018).

Turis mengambil foto diri atau selfie di tengah kebun lavender di Valensole, Perancis selatan, 18 Juni 2017.AFP PHOTO / BORIS HORVAT Turis mengambil foto diri atau selfie di tengah kebun lavender di Valensole, Perancis selatan, 18 Juni 2017.

2. Lebih Baik Singkat tapi Sering

Kuantitas nampaknya lebih diutamakan dibanding kualitas liburan, oleh para milenial. Padatnya jadwal kegiatan mereka membuat akhir pekan menjadi waktu yang tepat untuk berlibur, dibanding harus menunggu musim liburan panjang.

Dari data tersebut, waktu yang dibutuhkan milenial berlibur umumnya dua-lima hari, dan tiap tahun rata-rata empat kali liburan.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X