Kompas.com - 24/04/2018, 20:15 WIB

 SANANA, KOMPAS.com – Ornamen dengan bentuk lebah bisa dengan mudah dilihat di fasilitas umum di Kepulauan Sula, Maluku Utara.

Lebah pun menjadi pelengkap untuk mempercantik tata letak atau pun keindahanan bangunan dan taman-taman.

Lebah sendiri digambarkan sebagai penghasil madu, sehingga keduanya pun hadir menjadi ikon tersendiri di kepulauan ini.

Hal tersebut pun diungkapkan oleh Kepala Dinas Kooperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kepulauan Sula, Bakir Abdul Rauf. Dia mengatakan bahwa madu asli Sula menjadi salah satu produk unggulan.

Hal tersebut disebabkan karena madu benar-benar dihasilkan dan diambil di tanah Sula.

Di Kepulauan Sula sendiri terdapat sebuah desa yang begitu terkenal sebagai desa penghasil madu asli. Desa tersebut adalah Desa Bega. Letak desa ini cukup jauh dari Sanana yang menjadi pusat kota di Kepulauan Sula.

“Tidak semua desa di sini penghasil madu. Hanya ada beberapa desa saja, salah satunya Desa Bega. Madu asli bisa dijumpai pada saat musim buah-buahan,” ujar Bakir beberapa waktu lalu kepada KompasTravel.

Madu asli Sula yang ada di Desa Bega, Kepulauan Sula, Maluku Utara. KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Madu asli Sula yang ada di Desa Bega, Kepulauan Sula, Maluku Utara.
Musim madu ini diperkirakan berlangsung pada bulan Februari hingga bulan Mei di setiap tahunnya.

Musim madu terjadi pada musim buah-buahan dikarenakan saat itu lebah menghisap sari dari bunga dari buah-buahan. Kemudian, kata Bakir, sari-sari tersebutlah yang menjadi madu.

Dia mengatakan, madu asli Sula ini tersohor hingga daerah-daerah lain soal khasiatnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.