Kue Rangi Khas Kendal, Rasanya Manis dan Gurih

Kompas.com - 04/06/2018, 09:23 WIB
Kue rangi.Kompas.com/Slamet Priyatin Kompas.Com /Slamet Priyatin Kue rangi.Kompas.com/Slamet Priyatin


KENDAL, KOMPAS.com - Rangi adalah kue khas Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Sepintas, kue ini mirip dengan kue pancong khas Jakarta.

Perbedaannya kue rangi memiliki ukuran lebih besar dan cetakannya berbentuk bunga.

Rasa kue rangi hampir sama dengan wingko babat khas Semarang, sehingga banyak orang menyebutnya wingko desa. Tapi sayang, seiring dengan perkembangan jaman, kue rangi mulai dilupakan orang.

Hanya tinggal beberapa orang yang masih menekuni bisnis kue tersebut.

Salah satunya adalah Fauzi Indah, warga Sukodono. Fauzi adalah generasi ketiga pengrajin kue Rangi yang digeluti oleh keluarganya.

Menurut Fauzi, bisnis kue Rangi sudah digeluti oleh keluarganya sejak puluhan tahun lalu. Mulai dari kakek, orang tuanya, dan sekarang dirinya.

“Pas puasa hingga Lebaran, banyak pembeli untuk cemilan,” kata Fauzi, Minggu (03/06/2018).

Baca juga: Yang Baru dari Kendal, Kampung Ragam Warna

Fauzi menambahkan alat produksi yang ia gunakan masih tradisional, yaitu tungku. Pengapiannya dari serabut kelapa.

Bahan dasar kue rangi, tambah Fauzi, adalah kelapa dan tepung ketan. Saat mencampur parutan kelapa dan tepung ketan, dirinya mengaku menggunakan perasaan.

Dalam sehari dirinya mampu memproduksi 100 hingga 150 kue.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X