Kompetisi Anugerah Pesona Indonesia Kembali Digelar

Kompas.com - 05/06/2018, 16:21 WIB
Anugrah Pesona Wisata Indonesia 2018 yang menggunakan aplikasi untuk dukungan (vote) masyarakat terhadap 18 kategorinya. KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIAAnugrah Pesona Wisata Indonesia 2018 yang menggunakan aplikasi untuk dukungan (vote) masyarakat terhadap 18 kategorinya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018 kembali digelar untuk ketiga kalinya, dengan total 18 kategori yang dilombakan.

Pada penyelenggaraan kompetisi pariwisata daerah ini terdapat kategori Wisata Olahraga & Petualangan, serta Wisata Air dan Ekowisata yang merupakan modifikasi dari beberapa kategori di tahun sebelumnya.

Di samping itu, pada tahun ini ada penambahan tiga kategori baru. Yaitu Wisata Halal, Wisata Kreatif, dan Cendera Mata.

Hal itu sebagai perwujudan bahwa kegiatan ini berusaha untuk dapat terus mengikuti perkembangan Dunia Pariwisata.

Deputi Pemasaran Pariwisata I Kementerian Pariwisata, I Gede Pitana, mengatakan kompetisi penghargaan ini bagus untuk memperkenalkan berbagai daerah yang belum terkenal. Juga menumbuhkan kembali kecintaan pada pariwisata daerahnya.

"Sudah terbukti dua tahun ke belakang yang juara bukan lagi Bali, bukan Jakarta, tapi NTT di tahun pertama yang dulu masih tidak menentu pariwisatanya. Selanjutnya Riau," tutur Pitana seusai sambutannya dalam pembukaan API di Kementerian Pariwisata, Selasa (5/6/2018).

Konfrensi pers ajang Anugrah Pesona Wisata Indonesia 2018 di tahun ke tiga ini menambah kategori menjadi 18, di Kementerian Pariwisata, Jakarta Selasa (5/6/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Konfrensi pers ajang Anugrah Pesona Wisata Indonesia 2018 di tahun ke tiga ini menambah kategori menjadi 18, di Kementerian Pariwisata, Jakarta Selasa (5/6/2018).
Selain kategori yang bertambah, kini masyarakat juga bisa mendukung (vote) wisata favoritnya melalui aplikasi API yang bisa diunduh gratis di Google Playstore.

Dengan adanya aplikasi ini, masyarakat bisa mendapatkan informasi lengkap tentang kegiatan Anugerah Pesona Indonesia. Mulai dari kategori, nominasi, para juara tahun sebelumnya, hingga penjelasan singkat tentang tiap nominasi.

Selain itu, masyarakat juga masih bisa mendukung menggunakan pesan singkat (SMS) berbayar ke 99386 dengan menggunakan format sesuai nominasi pilihan.

Saat ini pemungutan suara telah dibuka sejak 1 Juni 2018 dan akan ditutup pada tanggal 31
Oktober 2018.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X