Kompas.com - 15/06/2018, 17:16 WIB

KULON PROGO, KOMPAS.com - Musim libur lebaran, musim mudik, musim orang piknik. Banyak pilihan destinasi bisa jadi tujuan berwisata. Termasuk Wisata Alam Kalibiru di atas Waduk Sermo Kulon Progo, Yogyakarta.

Pengunjung destinasi wisata di Kalibiru, Kulon Progo, Yogyakarta melonjak tajam sampai 250 persen setiap harinya. Rata-rata pengunjung Kalibiru sedikitnya 200 orang per hari di hari biasa atau bisa sampai 300 orang per hari di hari libur.

Kini, pengunjung mencapai 600-800 orang per hari terpantau di 3 hari belakangan ini. "Pengaruh cuti panjang lantas orang memanfaatkan untuk wisata. Saya juga tanya ke wisatawan di jeep, katanya, mereka mudik dan sekalian wisata dulu ke Kalibiru," kata Soemarjono, Ketua Kelompok Sadar Wisata Kalibiru, Kamis (14/6/2018).

Baca juga: Kisah Perempuan Lansia Pengangkut Batu dan Pasir di Wisata Kalibiru

Wisatawan memang menyempatkan piknik di masa cuti panjang dan libur lebaran. Kalibiru juga merupakan incaran bagi yang ingin wisata ke Kulon Progo. Berdasarkan pantauan, banyak kendaraan dari luar Yogyakarta yang mendominasi area parkir.

Kalibiru mengandalkan panorama sebuah danau yang terbangun dari Waduk Sermo. Waduk dikelilingi hampar pohon hijau, termasuk nyiur yang cukup dominan. KOMPAS.com/DANI J Kalibiru mengandalkan panorama sebuah danau yang terbangun dari Waduk Sermo. Waduk dikelilingi hampar pohon hijau, termasuk nyiur yang cukup dominan.
Sebagian besar kendaraan roda empat itu dengan plat nomor B dari Jakarta dan D asal Bandung. "Karena di masa puasa ini banyak sekali dari luar Yogyakarta. Tapi kami belum sempat mendata berapa jumlahnya," kata Soemarjono.

Ia memperkirakan pengunjung akan terus bertambah selama musim lebaran ini. Berkaca dari beberapa pengalaman di tahun-tahun yang lalu, puncak pengunjung diperkirakan jatuh di H2 dan H3.

Baca juga: Obyek Wisata Kalibiru di Kulon Progo Tambah Jumlah Spot Foto

Untuk semakin menarik minat pengunjung, mereka menambahkan 2 wahana spot foto baru di dalamnya. Yakni, spot kano dan gantole. Kedua wahana memperkaya wahana lainnya sebelumnya high rope, panggung, spot 1, bundar, spot 2 spot 3 dan spot oval.

"Kami mulai Senin untuk gantole dan kano. Wisatawan sudah mulai datang untuk beberapa spot baru ini," kata Sumarjono.

Spot Bintang dan Jeep Wilis di Kalibiru 2 di dekat destinasi Pulepayung. Kalibiru 2 akan beroperasi  pada sehari setelah lebaran. Dokumentasi Pokdarwis Kalibiru Spot Bintang dan Jeep Wilis di Kalibiru 2 di dekat destinasi Pulepayung. Kalibiru 2 akan beroperasi pada sehari setelah lebaran.
Di kesempatan lain, Chintya Manurung mengaku datang dari Jakarta. Ia bersama sekeluarganya mampir ke pinggir Waduk Sermo. Dari sana, mereka menumpang jeep ke Kalibiru.

Chintya mengaku terkejut dengan pemandangan sebagus Kalibiru. Kalibiru mengandalkan panorama sebuah danau yang terbangun dari Waduk Sermo. Waduk dikelilingi hampar pohon hijau, termasuk nyiur yang cukup dominan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.