Kompas.com - 29/06/2018, 08:20 WIB
Ratusan wisatawan domestik dan asing menikmati pesona sekitar Pura Tanah Lot, Kabupaten Tabanan, Bali, awal Juni 2012. Obyek ini menjadi salah satu unggulan Pulau Dewata setelah Pantai Kuta di Kabupaten Badung karena letaknya juga berdekatan. Rona tenggelamnya matahari menjadi pemandangan tak terlupakan di Tanah Lot. KOMPAS/AYU SULISTYOWATIRatusan wisatawan domestik dan asing menikmati pesona sekitar Pura Tanah Lot, Kabupaten Tabanan, Bali, awal Juni 2012. Obyek ini menjadi salah satu unggulan Pulau Dewata setelah Pantai Kuta di Kabupaten Badung karena letaknya juga berdekatan. Rona tenggelamnya matahari menjadi pemandangan tak terlupakan di Tanah Lot.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mau mewujudkan impian ke Bali tetapi bujet masih terbatas? Ada cara untuk mengirit pengularan dengan menekan pos bujet transportasi.

Sebenarnya ke Bali tidak melulu harus menumpang pesawat. Sebagai pulau wisata, transportasi dari dan ke Bali termasuk mudah serta banyak pilihan. Informasi yang beredar di internet mengenai rute perjalanan juga sudah pasti.

Jika diasumsikan perjalanan dimulai dari Jakarta, maka bujet transportasi sekali perjalanan satu orang ke Bali tidak lebih dari Rp 200.000.

Baca juga: Gunung Agung Erupsi, 22 Penerbangan Airasia ke dan dari Bali Dibatalkan

Berikut adalah panduan transportasi dari Jakarta ke Bali dengan penekanan harga sampai terendah. Perlu dicatat, tentunya transportasi yang digunakan adalah kelas ekonomi yang tidak mengutamakan kenyamanan:

1. Jakarta ke Surabaya

Belilah tiket Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan dengan rute Stasiun Pasar Senen- Stasiun Surabaya Gubeng. Harga tiketnya Rp 104.000 untuk satu orang di kelas ekonomi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Inilah Salju Pertama di Bali

Perjalanan dari Jakarta ke Surabaya ditempuh dalam waktu sekitar 15 jam. Jadi pastikan untuk membawa bekal makanan, minuman, serta selimut untuk di perjalanan.

Dipantau Juni 2018, waktu keberangkatan kereta dari Pasar Senen pukul 10.15 WIB dan tiba di Gubeng pukul 01.35 WIB.

Para penumpang kereta api sedang menunggu keberangkatan di Ruang Tunggu Zona 3 Stasiun Gubeng, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (9/9/9/2015).KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Para penumpang kereta api sedang menunggu keberangkatan di Ruang Tunggu Zona 3 Stasiun Gubeng, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (9/9/9/2015).
2. Surabaya ke Banyuwangi

Dari Surabaya, perjalanan dapat dilanjutkan dengan menumpang Kereta Api Probowangi. Rute Stasiun Surabaya Gubeng- Stasiun Banyuwangibaru. Harga tiket Rp 56.000 per orang untuk kelas ekonomi. Waktu tempuh kereta ini kurang lebih tujuh jam.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X