Festival Gamelan Internasional Digelar di Solo Pertengahan Agustus

Kompas.com - 23/07/2018, 16:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - International Gamelan Festival (IGF), untuk pertama kalinya digelar di Indonesia, 9-16 Agustus 2018. Solo dipilih jadi kota pertama di Indonesia tempat gelaran tersebut.

Acara yang diadakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Indonesia ini mengangkat tema "Homecoming" atau pulang kampung.

Puluhan maestro gamelan yang menyebarkan kesenian tersebut ke penjuru dunia akan pulang ke tempat asal gamelan di Indonesia, salah satunya Solo.

Baca juga: Denting Gamelan Saron di Aula Fiera Milano City, Milan

Mengutip dari siaran pers IGF 2018 yang diterima KompasTravel, Senin (23/7/2018) sekurang-kurangnya 19 kelompok gamelan luar negeri dan 33 kelompok gamelan dalam negeri, serta belasan peneliti/ahli gamelan, akan pulang kampung ke Solo untuk tampil di IGF 2018.

Baca juga: I Made Terip, Guru Gamelan untuk Semua Bangsa

Para maestro gamelan Indonesia seperti Djaduk Ferianto, Rahayu Supanggah, Githunk Sugiyanto, Ananda Sukarlan akan berkolaborasi dengan maestro dari berbagai negara lainnya.

Pemain gending gamelan saat mengiringi tarian Golek Alun-alun di Keraton Yogyakarta, Minggu (11/3/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Pemain gending gamelan saat mengiringi tarian Golek Alun-alun di Keraton Yogyakarta, Minggu (11/3/2018).
Sebanyak 19 kelompok gamelan luar negeri yang konfirmasi datang ialah dari Malaysia, Australia, Jepang, Thailand, Hungaria, Irlandia, Belanda, Inggris, dan Amerika.

Rangkaian acara ini akan digelar di beberapa tempat ikonik Solo, seperti Benteng Vastenburg, Slamet Riyadi, Dalem Joyokusuman, Lokananta, Bentara Budaya Solo, dan lainnya.

Dalam 10 hari penyelenggaraan acara, akan ada berbagai rangkaian mulai pertunjukan yang mencakup opening ceremony, dan berbagai konser. Lalu ada konferensi dengan berbagai tema, pemutaran film, pameran sejarah, ekspresi dan spirit gamelan, penerbitan, dan acara sastra.

Kepala Pemasaran Pariwisata Solo, Kristina mengatakan selama acara wisatawan dapat berkunjung dan ikut menyaksikan rangkaian acara, terutama berbagai pertunjukannya.

"Masyarakat bisa menikmati, free," kata Kristina saat dihubungi KompasTravel, Senin (23/7/2018).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.