Kompas.com - 31/07/2018, 19:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jawa Tengah adalah salah satu provinsi yang giat mengembangkan desa wisata. Bulan Juli tiap tahunnya, ada Festival Desa Wisata yang diikuti oleh 35 desa yang tersebar di Jateng.

Mochammad Achmadi selaku Kepala Seksi Pengembangan Daya Tarik Wisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah merekomendasikan 5 desa wisata unggula yang telah siap dikunjungi wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman).

"Beberapa desa wisata sudah siap (menerima wisman), ada yang punya acara tahunan besar, ada juga yang memang potensi desanya luar biasa," tuturnya kepada KompasTravel saat dikunjungi di Kantor Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah, Semarang, Jumat (20/7/2018).

Berikut 5 desa wisata unggulan tersebut:

Desa Wisata Kandri di Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah.TRIBUN JATENG/M SYOFRI KURNIAWAN Desa Wisata Kandri di Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah.
1. Desa Wisata Kandri

Desa Wisata Kandri terletak di Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah. Sekitar 40 menit dari pusat Kota Semarang.

Desa wisata pemenang Festival Desa Wisata Jateng 2018 ini memiliki potensi wisata yang tinggi, terdapat beberapa obyek wisata unggulan Semarang, seperti Goa Kreo, Waduk Jatibarang, dan lainnya.

Jangan lewatkan wisata agro saat berkunjung ke Desa Kandri. Anda bisa mengambil paket wisata agro seperti panen jambu krisal, padi, singkong, pare, dan lainnya.

Wisatawan juga bisa mencoba membuat kuliner khas daerah dari buah dan sayuran tersebut. Tersedia juga ragam souvenir yang bisa dibawa pulang.

"Desa ini fasilitasnya cukup lengkap, ada homestay sampai aula tempat pertemuan," kata Ashmadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.