Mau Mencicipi Manyung Bu Fat Semarang di Jakarta? Ini Tempatnya... - Kompas.com

Mau Mencicipi Manyung Bu Fat Semarang di Jakarta? Ini Tempatnya...

Kompas.com - 11/08/2018, 21:07 WIB
Daging ikan Manyung asap kuah asam dengan tambahan potongan cabai dan sayur singkong.KOMPAS.COM/gaby bunga saputra Daging ikan Manyung asap kuah asam dengan tambahan potongan cabai dan sayur singkong.

JAKARTA, KOMPAS.com – Sore itu KompasTravel mengunjungi Kampoeng Legenda, Mal Ciputra, Jakarta Barat. Jejeran lebih dari 70 kedai kuliner legendaris Indonesia hadir. Salah satunya yang menarik perhatian KompasTravel adalah Mangut Manyung Bu Fat asal Semarang.

Pakar kuliner, Willam Wongso, sempat berbicara tentang salah satu menu favoritnya di Kedai Manyung Bu Fat di Semarang yang berdiri sejak 1969. Di sana ia juga kedapatan membawa kudapan kegemarannya ini.

Bagi Anda pecinta pedas, salah satu kuliner melegenda ini wajib dicoba saat berkunjung ke Kampoeng Legenda Mal Ciputra. Tak perlu jauh-jauh ke Semarang, di sini Anda bisa mencicipi gurihnya ikan asap dengan kuah cabai ini.

Baca juga: 5 Kuliner Legendaris Wajib dicoba di Kampoeng Legenda

Ikan manyung merupakan ikan laut yang di Jakarta biasa disebut ikan jambal. Padat dan gurihnya ikan ini menjadi alasan bu Fatimah untuk mengolah kepala dan daging ikan ini.

Kuah ala Bu Fat dengan cabai dan rempah yang kaya memberikan cita rasa khas yang bikin ketagihan.

Bu Bekti, generasi kedua peneruh Mangut Manyung Bu Fat Semarang.KOMPAS.COM/gaby bunga saputra Bu Bekti, generasi kedua peneruh Mangut Manyung Bu Fat Semarang.
“Ikan manyung atau ikan jambal ini pertama-tama diasap, kemudian dimasak kuah dengan bumbu ala bu Fat,” tutur generasi kedua pengelola Mangut Manyung Bu Fat, Bu Bekti, saat ditemui langsung di Kampoeng Legenda Mal Ciputra, Jakarta Barat, Kamis (9/8/2018).

Acara kuliner di Kampoeng Legenda berlangsung 8-19 Agustus 2018 di Lower Ground Mal Ciputra Jakarta.

Baca juga: Mencicipi Lebih dari 70 Kuliner Legendaris Berbagai Daerah di Jakarta

Acara ini berlangsung 8-19 Agustus 2018 di Lower Ground Mal Ciputra Jakarta.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mencicipi Lebih dari 70 Kuliner Legendaris Berbagai Daerah di Jakarta", https://travel.kompas.com/read/2018/08/10/080600527/mencicipi-lebih-dari-70-kuliner-legendaris-berbagai-daerah-di-jakarta.
Penulis : Gaby Bunga Saputra
Editor : I Made Asdhiana

KompasTravel sempat mencicipi kudapan ini. Daging ikannya terasa lembut tapi sangat padat, dengan duri besar yang besar sehingga lebih mudah disantap.

Bagi yang gemar masakan pedas, Anda bisa menambahkan cabai utuh yang terdapat pada kuah ikan manyung yang segar ini.

Beberapa makanan pelengkap juga tersedia disana, seperti cumi asam manis, pete balado, orek tempe, tahu, sayur pare, dan yang menjadi favorit daun pepaya. Untuk mencicipi kudapan ini Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 45.000 per porsi.

Mangut Manyung Bu Fat Semarang di Kampoeng Legenda, Mal Ciputra, Jakarta Barat.KOMPAS.COM/gaby bunga saputra Mangut Manyung Bu Fat Semarang di Kampoeng Legenda, Mal Ciputra, Jakarta Barat.
Asalnya, kudapan melegendaris di Semarang ini terletak di Jalan Ariloka dan Jalan Raya Sukun, Banyumanik, Semarang. 

Selain Mangut Manyung Bu Fat masih banyak lagi kuliner legendaris yang hadir di Kampoeng Legenda, Mal Ciputra, Jakarta Barat. Tak perlu jauh-jauh ke daerah kuliner tersebut, lebih dari 70 kuliner legendaris berbagai daerah hadir di sini. 

Diantaranya, Asem-asem Koh Liem (1978) dari Semarang, Gudeg Yu Djum (1950) dari Yogyakarta, Nasi Jamblang Mang Dul (1970) dari Cirebon, Kupat Tahu Gempol (1965) dari Bandung, Sate Padang Ajob Ramon (1983) dari Padang, dan masih banyak lagi.

Kampoeng Legenda hadir untuk memperingati perayaan hari ulang tahun republik Indonesia ke-73. Sekaligus pengunjung terutama milenial, bisa lebih mencintai dan melestarikan kuliner Indonesia sebagai citra bangsa. 


Komentar
Close Ads X