Ayiak Ndelengau, Lokasi Kuliner Legendaris di Bengkulu Selatan - Kompas.com

Ayiak Ndelengau, Lokasi Kuliner Legendaris di Bengkulu Selatan

Kompas.com - 12/08/2018, 22:15 WIB
menu makanan khas Bengkulu Selatan Ikan Palau di lokasi Kuliner Ayiak NdelengauKOMPAS.COM/FIRMANSYAH menu makanan khas Bengkulu Selatan Ikan Palau di lokasi Kuliner Ayiak Ndelengau


BENGKULU, KOMPAS.com - "Ayiak Ndelengau" dalam bahasa Indonesia berarti Sungai Ndelengau. Ini merupakan sungai yang berada di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Di sepanjang jalan darat bersebelahan dengan sungai tersebut, terdapat lebih dari 20 warung tempat makan kuliner tradisional setempat.

Warung-warung makan berupa pondok sederhana menyajikan sajian lokal. Meski sederhana, jangan salah, inilah lokasi kuliner legendaris di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Tak sulit untuk mencaari tempat makan Ayiak Ndelengau, semua warga Bengkulu Selatan pasti mengenalnya. Pemandangan Sungai Ndelengau pun menemani makan siang, menjadi semakin nikmat.

"Cukup bertanya saja semua orang Bengkulu Selatan pasti tahu tempatnya," ujar Duti, seorang pemilik warung makan.

Ada banyak sajian menggugah selera di lokasi tersebut, sebut saja gulai ikan palau, pelus, ikan nggaring, ikan ghuan (ikan gabus), ikan mungkus, ikan belanak, ikan palau, ikan keli (ikan lele), ikan nila, ikan mas, dan ikan-ikan lainnya.

"Semuanya dimasak dengan bumbu khas masyarakat Bengkulu Selatan," jelas Duti.

Deretan mobil pelanggan di tempat makan melegenda di Bengkulu Selatan Ayiak NdelengauKOMPAS.COM/FIRMANSYAH Deretan mobil pelanggan di tempat makan melegenda di Bengkulu Selatan Ayiak Ndelengau

Selain itu terdapat pula lalapan seperti petai, jengkol dan kabau. Jenis gulai ikan ada yang diasap, ada pula yang dimasak segar. Sementara sajian nasi di tempat ini selalu dibalut dengan daun pisang.

"Nasi di sini dibalut dengan daun pisang, jadi pelanggan makannya pasti menggunakan daun pisang, aromanya juga menggugah selera," sebut Iwan, pengunjung di salah satu warung makan di lokasi tersebut.

Duti, pedagang setempat menyebutkan lokasi itu telah ada sekitar 25 tahun. Ia merupakan salah satu penggagas berdirinya tempat kuliner khas Bengkulu Selatan tersebut.

Nikmatnya gulai di lokasi ini menjadikan Ayiak Ndelengau lokasi favorit untuk bersantap siang.

Wisata kuliner Ayiak Delengau saat ini hanya buka pukul 09.00 WIB dan tutup pukul 17.00 WIB.

"Kalau makan malam kami tidak melayani, hanya ada beberapa warung saja yang buka," tambah Duti.


Komentar
Close Ads X