Kompas.com - 02/10/2018, 17:09 WIB
Pengunjung memilih batik di Pusat Grosir Batik Trusmi di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Minggu (27/12/2015). Transaksi di salah satu sentra batik di Cirebon tersebut meningkat hingga tiga kali lipat saat libur Natal 2015 dan Tahun Baru 2016. Transaksi pembelian yang biasanya hanya sekitar 2.000, pada 25-26 Desember 2015 melonjak hingga sekitar 6.500 transaksi. KOMPAS/ABDULLAH FIKRI ASHRIPengunjung memilih batik di Pusat Grosir Batik Trusmi di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Minggu (27/12/2015). Transaksi di salah satu sentra batik di Cirebon tersebut meningkat hingga tiga kali lipat saat libur Natal 2015 dan Tahun Baru 2016. Transaksi pembelian yang biasanya hanya sekitar 2.000, pada 25-26 Desember 2015 melonjak hingga sekitar 6.500 transaksi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Batik murah dalam bentuk kain meteran, pakaian, sprei, sampai aksesoris seperti tas dengan mudah didapat di sentra penjual batik. Pilihan batik di lima sentra penjual batik ini juga terbilang beragam.

Mulai dari batik tulis dengan harga yang relatif tinggi, sampai batik cap dengan harga relatif rendah. Jika pintar menawar, membeli batik di lima sentra penjual batik ini akan bertambah murah harganya. Inilah lima sentra penjual batik yang terkenal di Jawa:

1. Thamrin City, Jakarta

Di Jakarta, Thamrin City menjadi pusat untuk mencari batik murah. Karena letaknya yang berada di tengah kota dan dekat dengan Tanah Abang, Thamrin City banyak dikunjungi oleh pembeli luar daerah.

Kebanyakan pedagang batik di Thamrin City berasal dari luar daerah seperti Pekalongan, Cirebon, atau Solo. Di sini juga terdapat batik langka seperti Batik Betawi. Selain batik sebenarnya di Thamrin City juga banyak penjual kain tenun ikat dari daerah Timur Indonesia.

2. Pusat Grosir Batik Trusmi, Cirebon

Tempat ini terletak di Jalan Trusmi Kulon No 148, Plered, Cirebon. Nama Trusmi berasal dari pemuka agama Islam Ki Gede Trusmi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Desa Trusmi kemudian berkembang menjadi sentra batik Cirebon, dengan Pusat Grosir Batik Trusmi sebagai pusatnya. Batik Trusmi sekarang menjadi destinasi yang sering dikunjungi oleh wisatawan saat berkunjung ke Cirebon.

3.Pasar Batik Setono Pekalongan

Ada sekitar 600 kios yang menjual batik di Pasar Batik Setono Pekalongan. Pasar ini dibuka dari perkumpulan warga pebatik sekitar pada tahun 1939. Pasar Barik Setono Pekalongan terletak di Karangmalang, Pekalongan.

Pengunjung memilih batik dalam bazar batik Ngenteni Buka Ning Pasar Klewer La Piazza Kelapa GadingKompas.com/Mentari Pengunjung memilih batik dalam bazar batik Ngenteni Buka Ning Pasar Klewer La Piazza Kelapa Gading

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.