8 Wisata Andalan saat Berkunjung ke Boyolali

Kompas.com - 05/11/2018, 20:16 WIB
Wisatawan berfoto di atas jembatan bambu berlatarkan Gunung Merbabu, di Wisata Gancik Hill Top, Selo, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (22/4/2017).KOMPAS.com / Muhammad Irzal Adiakurnia Wisatawan berfoto di atas jembatan bambu berlatarkan Gunung Merbabu, di Wisata Gancik Hill Top, Selo, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (22/4/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabupaten Boyolali memiliki letak strategis di Jawa Tengah. Berbatasan langsung dengan Solo dan Semarang.

Selain produksi susu dan daging sapi unggulan, Boyolali juga punya andalan lain yakni tempat wisata. Ada delapan obyek wisata unggulan di Boyolali dari wisata alam, budaya, sampai wisata buatan yang membuat bangga masyarakat Boyolali.

Berikut adalah delapan wisata andalan di Boyolali:

1. Bukit Gancik

Bukit Gancik merupakan obyek wisata di Boyolali yang terletak di ketinggian 1.850 mdpl. Dari sini pengunjung bisa melihat pemandangan Gunung Merapi, Gunung Merbabu dan Gunung Lawu secara bersamaan bila kondisi langit cerah dari gardu pandang.

Dengan hanya membayar Rp 5.000, wisatawan dapat menikmati pemandangan yang menawan. Saat ini di Bukit Gancik juga banyak dibangun ajungan untuk wisatawan berfoto.

2. Ekowisata Taman Air Tlatar

Taman Air Tlatar merupakan ekowisata yang menggunakan mata air alami yang berasal dari lapisan batuan vulkanik. Selain bisa bermain air, pengunjung anak-anak juga dapat belajar mengenai lingkungan seperti menanam padi atau membajak sawah.

Studio sapi di alun-alun kota BoyolaliStanly/KompasOtomotif Studio sapi di alun-alun kota Boyolali

3. Alun-Alun Kidul Boyolali

Layaknya kota di daerah Jawa, biasanya selalu ada alun-alun sebagai tempat untuk warga berkumpul. Di Boyolali, Alun Alun Kidul Boyolali memiliki ciri khas patung sapi raksasa. Patung ini biasa menjadi tempat berfoto wisatawan. Di sekeliling alun-alun juga terdapat aneka jajanan.

4. Gunung Merapi

Salah satu gunung vulkanik teraktif di Pulau Jawa dan bahkan di Indonesia. Lokasi Gunung Merapi terbagi antara Provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah.


Page:

Close Ads X