Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/11/2018, 20:10 WIB
Andi Hartik,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Destinasi wisata di Indonesia semakin diminati oleh wisatawan asal Malaysia. Khususnya destinasi wisata yang berbasis alam dan kampung tematik.

Right Time Travel, salah satu agen wisata yang ada di Malaysia mencatat, wisatawan Malaysia yang menggunakan jasanya, sebanyak 60 persen mengunjungi Indonesia untuk destinasi luar negeri.

"Kalau di Right Time Travel, setiap tahun 60 persen," kata Operation Manager (Indonesian Market) Right Time Travel, Mohammad Shafiq dalam Ngalam Travel Mart 2018 di Kota Malang, Selasa (13/11/2018).

Menurutnya, wisatawan Malaysia yang datang ke Indonesia kebanyakan ingin menikmati wisata alam. Turis Malaysia, lanjutnya, jarang menjumpai wisata alam di negaranya.

"Rata - rata wisata alami. Kayak seperti Jawa ada Yogyakarta, lebih kepada alam. Karena di Malaysia lebih kepada bangunan. Jadi kalau ada yang alami jadi unik," ungkapnya.

Foto udara kawasan perhotelan di Senggigi, Kecamatan Batulayar, Lombok Barat, NTB, Kamis (8/11/2018). Pascagempa Lombok BPS Provinsi NTB merilis data Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel bintang pada bulan September 2018 mengalami kenaikan dibandingkan bulan Agustus 2018. TPK bulan September 2018 sebesar 34,85 persen sedangkan TPK hotel bintang bulan Agustus 2018 hanya sebesar 28,18 persen.ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI Foto udara kawasan perhotelan di Senggigi, Kecamatan Batulayar, Lombok Barat, NTB, Kamis (8/11/2018). Pascagempa Lombok BPS Provinsi NTB merilis data Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel bintang pada bulan September 2018 mengalami kenaikan dibandingkan bulan Agustus 2018. TPK bulan September 2018 sebesar 34,85 persen sedangkan TPK hotel bintang bulan Agustus 2018 hanya sebesar 28,18 persen.

"Banyak di Indonesia wisata yang alami, lebih natural. Ada Lombok, Raja Ampat," katanya.

Tidak hanya itu, meskipun di Malaysia terdapat jenis destinasi yang sama, kualitasnya masih kalah dengan destinasi yang ada di Indonesia. Seperti pantai yang dinilainya masih lebih bagus pantai yang ada di Indonesia.

"Di sini lebih bagus pantainya ketimbang Malaysia," ungkapnya.

Oleh karena itu, ia bersama sejumlah agen wisata lain dari Malaysia datang ke event Ngalam Travel Mart 2018 untuk menemukan referensi baru terkait destinasi wisata yang ada di Indonesia.

"Yang pertama kami lebih medapatkan informasi yang baru pariwisata yang baru di Indonesia, seperti river tubbing yang ada ini," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com