Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HPI Raja Ampat: Berdayakan Pemandu Wisata Lokal

Kompas.com - 23/11/2018, 14:10 WIB
I Made Asdhiana

Editor

WAISAI, KOMPAS.com - Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, meminta biro perjalanan atau travel agent yang membawa wisatawan ke Raja Ampat memberdayakan pemandu wisata lokal.

Ketua HPI Raja Ampat, Ranny Iriani Tumundo di Waisai, Papua Barat, Kamis (22/11/2018), mengatakan pihaknya bersama pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan sumber daya manusia pemandu wisata lokal.

Hal itu dilakukan agar pemandu wisata lokal digunakan berbagai pihak terutama travel agent yang mendatangkan wisatawan ke Kabupaten Raja Ampat.

Baca juga: Pemkab Raja Ampat Larang Kapal Besar Sandar di Dermaga Arborek

Tidak hanya biro perjalanan, dia juga berharap kepada pemerintah daerah jika ada tamu kunjungan pemerintahan yang ingin melintasi Raja Ampat dapat pula memberdayakan pemandu wisata lokal yang sudah di bina selama ini.

HPI Raja Ampat, menurut Ranny, sepanjang 2018 telah melakukan berbagai program pelatihan bagi pemandu wisata setempat, antara lain latihan bahasa Inggris, pelatihan kepemanduan wisata, pelatihan mengenal satwa yang dilindungi, dan pelatihan tanggap darurat jika terjadi kecelakaan saat perjalanan wisata di Raja Ampat.

Dermaga di Pulau Arborek, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Kamis (5/5/2016).KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Dermaga di Pulau Arborek, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Kamis (5/5/2016).
Latihan tersebut melibatkan berbagai pihak yakni lembaga Golden Gate Education untuk pelatihan bahasa Inggris, Basarnas untuk pelatihan tanggap darurat kecelakaan, Flora Fauna Internasional untuk pengenalan satwa dilindungi.

"Pelatihan tersebut diharapkan mampu meningkatkan kemampuan pemandu wisata lokal sehingga pelayanan yang diberikan bagi wisatawan benar-benar berkualitas," tambah Ranny Iriani Tumundo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com