Kompas.com - 30/12/2018, 17:11 WIB

GARUT, KOMPAS.com – Suasana khas pedesaan bisa menjadi barang mahal bagi masyarakat perkotaan.

Saat liburan, mereka yang tinggal di perkotaan sengaja pergi keluar kota untuk sekadar menikmati suasana khas pedesaan atau hijaunya pesawahan atau hutan.

Kerinduan masyarakat akan suasana pedesaan banyak dibaca oleh para pelaku wisata, salah satunya adalah Desa Wisata Saung Ciburial yang ada di Desa Sukalaksana, Kecamatan Samarang. Di tempat ini, pengunjung bisa benar-benar menikmati suasana khas pedesaan masyarakat sunda.

Desa Wisata yang dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 3 hektar tersebut kebanyakan lahannya adalah sawah dan ladang.

Sisanya adalah satu buah kolam ikan besar, satu sumber mata air alami yaitu mata air Ciburial, serta 5 buah bangunan yang tiga di antaranya adalah penginapan. Sementara sisanya adalah ruang pertemuan dan kantor.

Pengunjung menikmati sajian beragam kopi di Kedai Kopi Armor di Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (25/1/2017).KOMPAS/CORNELIUS HELMY HERLAMBANG Pengunjung menikmati sajian beragam kopi di Kedai Kopi Armor di Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (25/1/2017).

Untuk bisa sampai ke desa wisata ini, akses jalannya cukup mudah. Dari jalan raya Samarang-Kamojang yang di sepanjang jalannya sudah berdiri sejumlah hotel ternama,pengunjung bisa berbelok masuk jalan desa di kampung Randu Kurung Desa Sukakarya. Dari situ, tinggal menyusuri jalan desa yang telah dibeton hingga bisa masuk ke kawasan desa wisata Ciburial.

Suasana desa wisata mulai terasa begitu pengunjung memasuki gerbang Desa Sukalaksana. Jalan desa tampak bersih dengan pemukiman warga yang teratur rapih, dan area pesawahan di kiri jalan. Begitu masuk ke parkiran desa wisata ini, bau khas dari lahan pertanian terasa kental.

“Konsep dasarnya memang menjual suasana asli khas pedesaan di sini,” jelas Hadian Hendracahya, Manajer Desa Wisata Ciburial saat ditemui, Kamis (27/12/2018).

Pengunjung menikmati sajian di Kedai Warung Langit di Desa Ciburial, Kecamatan Cimeyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (15/1/2017).KOMPAS/CORNELIUS HELMY HERLAMBANG Pengunjung menikmati sajian di Kedai Warung Langit di Desa Ciburial, Kecamatan Cimeyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (15/1/2017).

Desa Wisata Ciburial mulai dirintis oleh Kepala Desa Sukalaksana Kecamatan Samarang, Oban Subana, sejak 2010 lalu. Ide awal dari kepala desa menurut Hadian adalah bagaimana caranya agar uang dari luar bisa mengalir masuk ke desanya.

“Dulu desa punya usaha simpan pinjam, tapi tidak bisa jalan, makanya mencari usaha lain hingga akhirnya muncul ide desa wisata,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.