Kompas.com - 16/01/2019, 11:54 WIB
Kemeriahan Pawai Lampion dalam rangkaian puncak perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2569 di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Rabu (28/2/2018). KOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWANKemeriahan Pawai Lampion dalam rangkaian puncak perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2569 di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Rabu (28/2/2018).

PONTIANAK, KOMPAS.com - Tingkat pemesanan kamar hotel di Kota Singkawang, Kalimantan Barat saat ini sudah mencapai 80 persen meskipun perayaan Imlek dan Cap Go Meh masih tiga minggu lagi.

Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Singkawang, Supardiyana mengatakan, dari 37 hotel yang ada di Kota Singkawang, saat ini pemesanan kamar sudah mencapai 80 persen atau mendekati penuh.

"Sementara kamar yang masih tersisa yakni Hotel Sahabat Baru, Hotel Singkawang, Hotel Palapa dan Hotel Bajau Beach," kata Supardiyana, Rabu (16/1/2019).

Baca juga: Ramainya Glodok Saat Perayaan Cap Go Meh

Menurutnya, ini masih merupakan data sementara yang masuk ke Disparpora Singkawang, mengingat perayaan Imlek dan Cap Go Meh masih tersisa tiga minggu lagi.

"Diprediksi mendekati perayaan itu, semua hotel yang ada di Kota Singkawang tidak bakal mampu menampung lonjakan pengunjung yang ingin menginap," ujarnya.

Baca juga: Ini 3 Rekor Muri di Cap Go Meh Singkawang 2018

Oleh karena itu, Supardiyana mengimbau kepada masyarakat Kota Singkawang, khususnya yang punya rumah dan masih memiliki kamar yang kosong bisa disewakan untuk dijadikan homestay.

Kemeriahan pawai lampion dalam rangkaian puncak perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2569 di Kota Singkawang, Kalimantan Barat (28/2/2018). Ribuan masyarakat dan wisatawan tumpah ruah menyaksikan perhelatan akbar tahunan di Kota Singkawang itu.KOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWAN Kemeriahan pawai lampion dalam rangkaian puncak perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2569 di Kota Singkawang, Kalimantan Barat (28/2/2018). Ribuan masyarakat dan wisatawan tumpah ruah menyaksikan perhelatan akbar tahunan di Kota Singkawang itu.
"Mengenai tarif yang diberlakukan hendaknya disesuaikan dengan keadaan fasilitas yang ada," katanya.

Baca juga: Cap Go Meh di Singkawang Berakhir, Tatung Diarak Keliling Kota

Untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung di Kota Singkawang, lanjut Supardiyana, pihaknya saat ini melakukan pendataan rumah-rumah kos maupun penduduk yang kiranya mau dijadikan homestay. "Jadi pendataan sedang berjalan," katanya.

Secara terpisah, Ketua PHRI Kota Singkawang, Mulyadi Qamal membenarkan, saat ini pemesanan kamar hotel sudah mencapai 80 persen. "Kebanyakan yang pesan dari travel," katanya.

Untuk tarif, dia mengimbau agar pengelola hotel tidak menaikkan semaunya sampai melebihi 100 persen. "Usahakan maksimal 100 persen," ujarnya.

Sementara itu, beberapa pengelola hotel yang ada di Kota Singkawang mengaku jika pemesanan kamar sudah hampir penuh jelang perayaan Imlek dan Cap Go Meh.

General Manager Hotel Roban Inn Singkawang, Akiat mengatakan, saat ini sebagian kamarnya dari 30 kamar sudah dipesan oleh pengunjung. "Sudah setengahnya dipesan," katanya.

Ritual buka mata naga dalam perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2569 yang dipusatkan di Vihara Tri Dharma Bumi Raya, Singkawang, Kalimantan Barat, Rabu (28/2/2018). Sebanyak 9 replika naga dari Santo Yosep Singkawang Group melakukan ritual buka mata naga dan memecahkan rekor di Museum Rekor Indonesia kategori replika naga terbanyak yang dibuat oleh satu grup.KOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWAN Ritual buka mata naga dalam perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2569 yang dipusatkan di Vihara Tri Dharma Bumi Raya, Singkawang, Kalimantan Barat, Rabu (28/2/2018). Sebanyak 9 replika naga dari Santo Yosep Singkawang Group melakukan ritual buka mata naga dan memecahkan rekor di Museum Rekor Indonesia kategori replika naga terbanyak yang dibuat oleh satu grup.
Hanya saja untuk tarif pada perayaan itu, ada kenaikan dari hari biasanya. "Kenaikan bisa dua kali lipat dari hari biasa," ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan General Manager Hotel Mandarin Kota Singkawang, Erik. Dia mengatakan, sebanyak 50 kamar yang dimilikinya saat ini sudah dipes sejak bulan Agustus 2017. "Saat ini sudah penuh, pemesannya dari travel dan pengacara dari Surabaya," katanya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X