Candi Morangan, Reruntuhan Masa Lalu di Selatan Merapi

Kompas.com - 16/01/2019, 14:04 WIB
Candi Morangan di Sleman, Yogyakarta yang berada di permukaan tanah. Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaCandi Morangan di Sleman, Yogyakarta yang berada di permukaan tanah.

SLEMAN, KOMPAS.com – Keberadaan candi memang tidak bisa dilepaskan dari sejarah masa lalu di Yogyakarta. Ada cukup banyak candi yang berdiri di sekitaran Yogyakarta seperti Prambanan dan Borobudur yang kini kian terkenal.

Khusus di wilayah sekitaran Yogyakara, candi-candi yang berdiri diperkirakan adalah peninggalan Mataram Kuno. Satu hal yang unik adalah beberapa candi ditemukan dengan kondisi terkubur di dalam tanah.

Baca juga: Sambisari, Candi di Bawah Permukaan Tanah Yogyakarta

Saat ini, candi di bawah permukaan tanah yang paling ramai dikunjungi wisatawan adalah Sambisari. Namun ternyata masih ada candi-candi lain yang kini lokasinya ada di bawah tanah, salah satunya adalah Morangan.

Candi Morangan berlokasi di Dusun Morangan, Kelurahan Sindumartani, Kecamatan Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Candi ini berada di tengah perkampungan penduduk.

Jika ingin mengunjungi Candi Morangan dari Kota Yogyakarta, jarak tempuhnya adalah sekitar 24 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih 45 menit.

Rute tempuh paling cepat adalah melalui jalan utama Yogyakarta-Solo kemudian belok kiri (utara) saat sampai di pertigaan Candi Kalasan. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan melalui jalan itu sejauh sekitar 8 kilometer.

Baca juga: Mengenal 6 Candi Tertinggi di Indonesia

Nantinya di perempatan, perjalanan dilanjutkan dengan belok kanan (timur) sejauh kurang-lebih 850 meter. Kemudian belok kiri (utara) di jalan desa sejauh 1,2 kilometer sampai Candi Morangan.

Reruntuhan di Bawah Permukaan Tanah

Candi Morangan memang tidak semegah Candi Prambanan dan Borobudur. Namun keberadaannya tetap saja merupakan saksi bisu sejarah kejayaan peradaban masa lalu yang pernah ada.

Diperkirakan candi Hindu ini dibangun pada abad ke-9 dan ke-10, bersamaan ketika Mataram Kuno membangun candi-candi lainnya seperti Prambanan.

Baca juga: Bertamu ke Rumah Teletubbies di Candi Abang Yogyakarta

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X