Indiana Dunes, Taman Nasional Terbaru di AS

Kompas.com - 03/03/2019, 16:10 WIB
Taman Nasional Indiana Dunes di Negara Bagian Indiana, AS. ShutterstockTaman Nasional Indiana Dunes di Negara Bagian Indiana, AS.

KOMPAS.com – Amerika Serikat memiliki taman nasional yang baru pada awal tahun 2019 ini. Taman nasional ke-61 AS itu yakni Taman Nasional Indiana Dunes. Lokasi taman nasional ini berada di Negara Bagian Indiana.

Taman Nasional Indiana Dunes membentang di area seluas 15.000 hektar sebelah barat laut Indiana, tepatnya sepanjang tepi Danau Michigan. Jarak taman nasional ini adalah sekitar 80 kilometer dari kota terbesar ketiga di AS yakni Chicago.

Sebelumnya, taman nasional ini dikenal sebagai Indiana Dunes National Lakeshore. Penetapannya sebagai taman nasional ditandatangani oleh Presiden Donald Trump pada Bulan Februari 2019.

Berita penetapan taman nasional itu kemudian diumumkan oleh staf layanan Taman Nasional setempat melalui akun Twitter resmi mereka pada tanggal 15 Februari 2019.

Satu hal yang unik adalah, anggota staf berfoto dengan berdiri di depan tulisan selamat datang. Namun mereka membuat sendiri tulisan Park yang menutupi kata Lakeshore.

“Ini adalah pengakuan yang besar,” ujar Direktur Komunikasi untuk Visit Indiana, Dewan Pariwisata Negara Bagian Indiana, Amy Howell seperti dilansir dari CNN Travel.

Indiana Dunes merupakan situs yang paling banyak dikunjungi di Negara Bagian Indiana. Obyek wisata ini dikunjungi sekitar 3,5 juta pengunjung per tahun.

Howell melanjutkan, dengan status taman nasional kemungkinan akan membawa lebih banyak pengunjung ke Indiana Dunes.

Indiana Dunes yang Spesial

“Ada lebih banyak spesies tumbuhan dan hewan daripada di Hawaii dan saya tidak yakin orang-orang tahu kalau itu ada di Indiana. Anda bisa mencapai bukit pasir dari tiga negara bagian yang berbeda dalam waktu satu jam perjalanan,” kata Howell.

Indiana juga telah memiliki beberapa situs yang diakui secara nasional, termasuk Lincoln Boyhood National Memorial. Setelah penetapan, Indiana Dunes pun menjadi taman nasional pertama di Negara Bagian Indiana.

Selama 100 tahun, bukit pasir dan aneka ragam tanaman di Indiana Dunes telah menjadi laboratorium lapangan alami untuk studi ilmiah ekologi. Bahkan teori suksesi ekologis dikembangkan melalui penelitian yang dilakukan di sini.

Selain itu, taman ini adalah rumah bagi sekitar 1.100 spesies tanaman asli. Bukit pasir tertinggi yang terbentuk setelah pencairan gletser dapat mencapai kurang-lebih 58 meter.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNN Travel
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X