Menikmati Kopi Flores di Roots Cafe Maumere, Suasananya Beda...

Kompas.com - 30/05/2019, 13:08 WIB
Kopi flores yang disuguhkan untuk tamu di Roots Cafe, Maumere, Kabupaten Sikkaa, NTT, Minggu (26/5/2019). KOMPAS.com/NANSIANUS TARISKopi flores yang disuguhkan untuk tamu di Roots Cafe, Maumere, Kabupaten Sikkaa, NTT, Minggu (26/5/2019).

MAUMERE, KOMPAS.com - Bagi Kamu penikmat kopi flores, tidak perlu khawatir saat berkunjung ke kota Maumere, ibu kota Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Tentunya, menyeruputi kopi itu lebih nikmat bila di tempat yang tepat, nyaman, dan bersih.

Di kota Maumere, saat ini, Kamu bisa menikmati kopi di tempat yang baru dengan suasana yang baru pula yaitu di Roots Cafe.

Kafe ini terletak di Dusun Habibuang, Desa Langir, Kecamatan Kangae. Jarak dari kota Maumere ke kafe ini sekitar 5 kilometer.

Baca juga: Sekarang Ada Tempat Nongkrong Antimainstream di Maumere Flores

Minggu (26/5/2019), saya ditemani teman berkunjung ke Roots Cafe. Tujuan kami adalah menikmati suasana hening. Kami tiba di kafe itu pukul 06.00. Pelayan di Roots Cafe menyambut kami dengan senyum ramah.

Sebelum masuk lopo, kami berkeliling mengamati kafe baru yang ada di bukit itu. Suasananya tampak hening. Tampak lopo-lopo dipenuhi tamu yang lagi asyik ngopi sambil ngobrol. Ada juga yang asik berselfie.

Roots Cafe Desa Lasir, Kecamatan Kangae, Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur, Kamis (23/5/2019).KOMPAS.com/NANSIANUS TARIS Roots Cafe Desa Lasir, Kecamatan Kangae, Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur, Kamis (23/5/2019).
Karena letaknya di atas bukit, dari kafe ini para tamu bisa menatapi kota Maumere yang dipenuhi gemerlap lampu.

Kami pun memasuki lopo yang kebetulan pemilik Roots Cafe, Firman Stevany sedang asyik bercerita dengan beberapa tamu. Ia menyapa kami dan mengucapkan selamat datang di Roots Cafe.

Baca juga: Kafe di Bogor Bagikan 1.000 Roti Bakar Gratis, Bayar Pakai Doa

Kemudian, ia meminta kepada pelayan kafe untuk membuat kopi buat kami berdua. Tiga menit berselang, seorang nona datang menyuguhkan kopi 2 gelas. Kami lalu menyeruputi kopi itu. Rasanya memang benar-benar nikmat. Aromanya menyegarkan.

"Ini kopi asli Flores. Setiap tamu yang berkunjung ke sini selalu memesan kopi  untuk menemani diskusi mereka. Segelas kopi ini harganya Rp 5.000," ungkap Firman Stevany kepada Kompas.com, Minggu (26/5/2019) sore.

Baca juga: Liburan di Maumere? Jangan Lupa Mampir ke Kedai Kopi Kampung

"Ini jadi minuman khas di Roots cafe. Karena sesuai namanya itu kan, kita diajak untuk kembali menikmati suasan kampung salah satunya dengan minum kopi. Ini juga untuk mempromosikan kopi Flores kepada setiap tamu yang datang," katanya.

Roots Cafe Desa Lasir, Kecamatan Kangae, Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur, Kamis (23/5/2019).KOMPAS.com/NANSIANUS TARIS Roots Cafe Desa Lasir, Kecamatan Kangae, Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur, Kamis (23/5/2019).
Ia menuturkan, jenis kopi yang disuguhkan cukup banyak. Semua jenis kopi yang ada di Flores.

"Kopi yang disuguhkan ini diolah secara tradisional, mulai dari menggorengnya sampai jadi tepung kopi," tutur Firman.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X