Perhatikan Hal Ini saat Mengunjungi Kawasan Pantai di Gunungkidul

Kompas.com - 04/06/2019, 16:04 WIB
Pantai Drini, Desa Banjarejo, Tanjungsari, Gunungkidul, DI Yogyakarta KOMPAS.com/MARKUS YUWONOPantai Drini, Desa Banjarejo, Tanjungsari, Gunungkidul, DI Yogyakarta

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Libur lebaran biasanya pantai di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, akan dipenuhi wisatawan, terutama di kawasan Pantai Baron dan sekitarnya sampai kawasan Pantai Pulang Sawal atau dikenal Indrayanti.

Agar bisa menikmati keindahan pantai yang berbeda setiap lokasinya ada baiknya menyiapkan beberapa hal mengenai kawasan pantai di Gunungkidul.

1. Rencanakan Pantai yang Akan Dituju

Satuan polisi lalu lintas Polres Gunungkidul akan melakukan rekayasa yakni one way menuju ke arah kawasan Pantai Baron dan sekitarnya.

Namun penerapan ini akan dilakukan jika jumlah kendaraan mengalami lonjakan yang signifikan. Hal ini untuk mengantisipasi kawasan pantai macet total karena jalannya sempit dan berliku.

"Untuk wisata puncaknya diperkirakan H+2. Untuk pantai kita tetap one way," kata Kasatlantas Polres Gunungkidul, AKP Mega Tetuko saat dihubungi Minggu (2/6/2019).

Pada jalur satu arah tersebut, wisatawan akan masuk melalui pos retribusi utama Pantai Baron, atau masuk melalui sisi barat.

Seorang pengunjung snorkeling di Pantai Nglambor, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, DI Yogyakarta.ARSIP BINTANG NGLAMBOR SNORKELING Seorang pengunjung snorkeling di Pantai Nglambor, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, DI Yogyakarta.
Pantai yang pertama dijumpai Pantai Baron, lalu disusul Kukup, Sepanjang, Watu Kodok, Drini, Krakal, hingga Indrayanti. Nanti wisatawan akan keluar melalui pos Tepus.

Jika one way diberlakukan wisatawan tidak bisa kembali ke arah barat. Untuk itu wisatawan diimbau menentukan lokasi pantai yang dikunjungi sejak awal.

Misalnya kunjungan awal di Pantai Baron ingin mencicipi ikan segar, lalu Pantai Sepanjang ingin bermain pasir putih yang luas, dilanjutkan ke Indrayanti, lalu pulang.

Jangan sampai jika sudah di kawasan Pantai Drini ingin balik ke Baron, hal ini tidak bisa dilakukan saat one way diberlakukan.

2. Jalur Pulang Wisatawan Akan Memanfaatkan JJLS

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X