Kiat dari Pramugari agar Bayi Nyaman dan Cepat Tidur Selama di Pesawat

Kompas.com - 14/06/2019, 07:06 WIB
Ilustrasi bayi tidur javi_indyIlustrasi bayi tidur

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai orang yang bekerja di pesawat, kru kabin punya berbagai trik untuk menghadapi penumpang. Tak terkecuali penumpang anak-anak dan bayi.

Kru kabin profesional biasanya tahu bagaimana cara membantu anak atau bayi nyaman. Termasuk membuat bayi cepat tidur selama penerbangan.

"Coba buat suasana tidur yang nyaman untuk anak, dengan membawa penutup mata bagi anak anak. Untuk bayi, Anda bisa menutup sumber cahaya," jelas kru kabin dari Emirates, Emily Jones.

Menutup sumber cahaya dapat dilakukan dengan menaruh selimut di lampu pinggiran tempat duduk.

Baca juga: 4 Etika Perjalanan Saat Ada Bayi Menangis di Pesawat

Jones juga menyebutkan bagi orang tua ada baiknya pintar menyesuaikan waktu penerbangan dengan waktu tidur anak. Hal ini bisa dilakukan dengan perhitungan yang tepat.

"Pikirkan berapa lama waktu terbang dan perubahan zona waktu di destinasi tujuan, juga berapa lama anak tidur dan kapan waktu tidur anak biasanya. Sebisa mungkin bantu anak tidur sesuai jadwal tidurnya," jelas Jones.

Jika ingin menyesuaikan waktu tidur anak dengan destinasi tujuan, lakukan ketika sampai di destinasi jangan sebelum atau selama penerbangan. Sebab menurut Jones. ini akan merusak waktu tidur anak.

Jangan pernah segan untuk meminta bantuan kru kabin jika memang membutuhkan untuk membuat bayi nyaman selama penerbangan. Umumnya kru kabin punya mainan atau makanan khusus bayi yang sudah disediakan oleh beberapa maskapai.

Namun perhatikan, kru kabin juga tidak diperbolehkan berkeliling sambil menggendong bayi demi keselamatan penumpang lainnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X