Masuk Tak Lebih dari Rp 5.000, Ini 5 Museum Bersejarah di Jakarta

Kompas.com - 20/06/2019, 17:11 WIB
Museum Fatahillah adalah salah satu objek wisata di kawasan Taman Fatahillah, Jakarta Barat yang menjadi tujuan terpopuler pengunjung di Kota Tua. KOMPAS.com/ RIMA WAHYUNINGRUMMuseum Fatahillah adalah salah satu objek wisata di kawasan Taman Fatahillah, Jakarta Barat yang menjadi tujuan terpopuler pengunjung di Kota Tua.

KOMPAS.com –Banyak yang bilang "Rp 5.000 dapat apa?" Faktanya, dengan biaya tak lebih dari Rp 5.000, kamu bisa mengunjungi museum-museum yang ada di Jakarta.

Menariknya, museum-museum di Jakarta ini merupakan lokasi bersejarah dan sudah ada sejak jaman dahulu.

Nah, pumpung DKI Jakarta sedang berulang tahun, mungkin Kamu bisa menjadikan museum-museum bersejarah ini sebagai pilihan liburan. Hitung-hitung, sekalian menambah wawasanmu tentang Ibu Kota tercinta.

Mana saja museum bersejarah tersebut? Yuk simak ulasannya!

1. Museum Bank Indonesia

Salah satu sudut ruang Museum Bank Indonesia yang atraktif.
KOMPAS.COM/RAI RAHMAN INDRA Salah satu sudut ruang Museum Bank Indonesia yang atraktif.

Museum Bank Indonesia berdiri di sebuah bangunan yang sudah ada sejak zaman kolonial. Di museum ini kamu bisa belajar tentang uang. Dari mulai sejarahnya, perkembangan mata uang di Indonesia, serta bagaimana bentuk-bentuk mata uang di berbagai negara.

Museum Bank Indonesia juga didesain cukup modern. Di dalamnya, terdapat diorama-diorama dengan efek visual yang bercerita juga tentang perkembangan uang.

Tak perlu keluar biaya mahal, datang ke Museum Bank Indonesia, kamu hanya perlu membayar Rp 5.000 saja. Untukmu yang berstatus pelajar/mahasiswa, bahkan gratis untuk masuk kemari.

Museum ini berada di kawasan Kota Tua. Dari lantai atas museum ini, kamu bisa pula menikmati, bangunan-bangunan instagramable lain ala Kota Tua.

2. Museum Sejarah Jakarta

Wisatawan menikmati suasana di kompleks Museum Fatahillah saat liburan Idul Fitri 1439 H di Kota Tua, Jakarta Barat, Sabtu (16/6/2018). Museum Fatahillah adalah salah satu objek wisata di kawasan Taman Fatahillah, Kota Tua, Jakarta Barat yang menjadi tujuan terpopuler pengunjung diantara tempat wisata Kota Tua lainnya.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Wisatawan menikmati suasana di kompleks Museum Fatahillah saat liburan Idul Fitri 1439 H di Kota Tua, Jakarta Barat, Sabtu (16/6/2018). Museum Fatahillah adalah salah satu objek wisata di kawasan Taman Fatahillah, Kota Tua, Jakarta Barat yang menjadi tujuan terpopuler pengunjung diantara tempat wisata Kota Tua lainnya.

Museum Sejarah Jakarta atau yang kerap disebut Museum Fatahillah merupakan museum yang populer. Bangunan museum itu berdiri megah di tengah-tengah Taman Fatahillah yang berdiri sejak 1712 sebagai Balai Kota Batavia.

Museum itu berisi bekas ruang-ruang pemerintahan pada masa Belanda dan mebel–mebel tua yang diabadikan dalam lemari, serta penjara bawah tanah.

Sama dengan Museum Bank Indonesia, museum ini sama-sama berada di Kawasan Kota Tua Jakarta. Untuk masuk ke museum ini, pengunjung hanya perlu membayar Rp 5.000.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X