8 Kuliner yang Bisa Kamu Coba di Kota Solo Saat Malam Hari

Kompas.com - 20/06/2019, 20:03 WIB
Makanan ringan yang dijajakan di Shi Jack, Solo. Silvita AgmasariMakanan ringan yang dijajakan di Shi Jack, Solo.

KOMPAS.com – Kota Solo merupakan kota yang ukurannya tidak terlalu luas. Saat malam hari, hal yang paling asyik dilakukan di Kota Solo adalah berwisata kuliner.

Di kota ini banyak terdapat penjual-penjual kuliner yang hampir bisa ditemui di setiap gang. Nah, apabila kamu ingin berwisata kuliner di Solo, berikut ini aneka macam makanan yang bisa kamu pilih saat kulineran malam hari di Kota Solo.

1. Susu

Daerah yang terkenal sebagai penghasil susu sebenarnya adalah Boyolali. Namun, Kota Solo saat malam hari juga memiliki cukup banyak warung-warung kaki lima yang menjajakan pilihan menu susu segar.

Salah satu tempat menikmati susu segar adalah warung Susu Segar Shi Jack. Warung susu segar ini ada banyak di Kota Solo, seperti di Kota Barat maupun daerah Laweyan.

Susu Segar Shi Jack menjual berbagai kreasi susu seperti soda gembira, Susu Telur Madu Jahe, dan sebagainya. Di warung ini juga dijual nasi kucing sate-satean serta roti bakar.

2. Gudeg

Tak hanya Jogja, di Solo juga banyak penjual gudeg.

Tempat-tempat terkenal yang menjual gudeg di Solo saat malam hari diantaranya adalah Gudeg Relasi. Gudeg ini berada di depan swalayan Relasi. Penjaja kaki lima ini mulai buka mulai sekitar pukul 21.00 ketika swalayan sudah tutup.

Tempat lain yang juga terkenal adalah Gudeg Ceker Mergoyudan. Gudeg ini buka pukul 01.00 WIB. Meskipun buka saat dini hari, tetapi gudeg ini selalu dinanti para penggemarnya. Warung gudeg ini sudah ada sejak tahun 1970.

3. Nasi liwet

Seporsi nasi liwet dengan tambahan lauk berupa ayam kampung, telur rebus, dan ati ampela. Nasi liwet di Solo bisa ditemukan di beberapa daerah seperti Keprabon, Pasar Kliwon, Keraton Mangkunegaraan, dan juga di Laweyan.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Seporsi nasi liwet dengan tambahan lauk berupa ayam kampung, telur rebus, dan ati ampela. Nasi liwet di Solo bisa ditemukan di beberapa daerah seperti Keprabon, Pasar Kliwon, Keraton Mangkunegaraan, dan juga di Laweyan.

Nasi Liwet merupakan kuliner khas kota Solo. Nasi ini berupa nasi gurih yang diberi sayur labu siam, areh, serta suwiran ayam kampung.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X