Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/06/2019, 16:08 WIB
Rifqi Aufal Sutisna,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, betualang sendiri atau solo traveling merupakan aktivitas menyenangkan.

Selain murah, menjadi seorang solo traveler juga memiliki sejumlah keuntungan lain, sebut saja lebih mudah mengeksplor diri sekaligus latihan untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan baru.

Supaya adaptasi tersebut dapat berjalan dengan lancar, berikut KompasTravel menghimpun lima tips supaya kamu mendapat teman baru ketika melakukan berwisata sendirian. Lakukan langkah ini agar kamu ingin mendapat relasi baru dan tentunya supaya tidak kesepian.

1. Menginap di Hostel

dormitory The Hostelhttps://www.traveloka.com/ dormitory The Hostel

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan teman baru di destinasi tujuan adalah menginap di hostel. Karena, para wisatawan seperti kamu juga menginap di hostel untuk bermalam. Kamu bisa mengobrol dan berbagi cerita dengan mereka.

Namun, memilih hostel yang tepat untuk Kamu sangat penting dilakukan. Sebelum memesan kamar, perhatikan jenis, fasilitas, biaya, demografi, dan ulasan pelanggan hostel di internet agar kamu tidak menyesal di kemudian hari.

2. Ikut One Day Trip

Bergabung bersama wisatawan lain dalam one day trip di destinasi baru merupakan langkah bagus. Selain berkenalan dengan sesama wisatawan, Kamu juga akan mendapat tur sejarah, makanan dan minuman, serta aktivitas menarik dari pemandu wisata.

Biasanya, pemandu wisata mengakhiri kegiatannya dengan acara kumpul bersama. Manfaatkan momen tersebut untuk mengenal para kawan wisatawanmu lebih dekat lagi hingga akhirnya menjadi akrab.


3. Manfaatkan Media Sosial

Ilustrasi media sosialshutterstock Ilustrasi media sosial

Jika kamu ingin mengenal lebih jauh tentang budaya, kebiasaan, adat istiadat, dan lain sebagainya di destinasi tujuanmu, manfaatkan media sosial agar mendapat teman baru untuk mempelajari semua hal itu.

Kalau bisa, gabung ke komunitas tertentu yang berisikan para traveler di destinasi tujuanmu.

4. Berpartisipasi Dalam Perjalanan Kelompok

Tur jalan kaki adalah cara yang bagus untuk mengenal kota baru dan wisatawan lainnya.Getty Images/Park Si-Hyeon Tur jalan kaki adalah cara yang bagus untuk mengenal kota baru dan wisatawan lainnya.

Ketika memutuskan untuk solo traveler, bukan berarti kamu tidak bisa menjelajah dengan sekelompok orang.

Berkenalan kepada siapa saja yang sejalan dengan tujuan wisatamu bisa juga dilakukan untuk mendapat teman baru. Jangan lewatkan kesempatan berkenalan tersebut.

5. Jadi Diri Sendiri

Terlepas dari pilihan dan ragam kreasi, menjadi diri sendiri pada akhirnya tetap kunci utama penampilan.THINKSTOCKPHOTOS Terlepas dari pilihan dan ragam kreasi, menjadi diri sendiri pada akhirnya tetap kunci utama penampilan.

Meskipun kamu perlu dinamis dan fleksibel ketika berkenalan dengan orang baru saat traveling, tetaplah jadi diri sendiri.

Jangan sampai terbesit untuk menjadi orang lain hanya karena takut kepribadianmu tidak disukai oleh calon temanmu. Tunjukan dirimu yang apa adanya kepada mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com