Panduan "Backpacking" dari Jakarta ke Solo, Biar Kantongmu Nggak Jebol

Kompas.com - 28/06/2019, 16:10 WIB
Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di Kota Solo. Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaKeraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di Kota Solo.

KOMPAS.com -  Solo memang kalah luas dengan Jakarta, atau dengan provinsi tetangganya yaitu DI Yogyakarta. Namun, kota ini punya akar sejarah dan budaya yang melekat kuat. Banyak hal yang bisa dieksplorasi dari Kota Solo, yang mengundang para backpacker domestik maupun mancanegara.

Tak hanya itu, Solo juga terkenal dengan harga-harga yang murah. Mulai dari makanan, transportasi, sampai akomodasi. Berikut KompasTravel menghimpun panduan backpacking ke Solo dengan biaya sehemat mungkin.

1. Kereta Ekonomi

Moda transportasi publik kereta api Kompas.com/ Luthfia Ayu Azanella Moda transportasi publik kereta api
Terdapat dua opsi kereta ekonomi dari Jakarta, yakni Gaya Baru Malam Selatan dan Bengawan. Saat ini Bengawan menduduki tarif terendah yakni Rp 74.000 sementara jika menggunakan Gaya Baru Malam Selatan Rp 98.000 (harga dicek pada 27/06/2019).

Untuk memesan kereta ini, kamu bisa menset stasiun asal di Stasiun Pasar Senen, dan tujuan akhir di Stasiun Purwosari maupun Stasiun Balapan Solo.

2. Penginapan murah

Kamar Dormitory My Studio Hotelhttp://instagram.com/mystudiohotels/ Kamar Dormitory My Studio Hotel

Ada beberapa penginapan murah di sekitaran Laweyan, Keprabon, maupun sekitar Terminal Tirtonadi dengan harga tak sampai Rp 100.000 per malam.

Kamu bisa mencarinya langsung dengan mendatangi lokasi, karena tak semua bisa dipesan secara online. Tapi jika ingin mencari penginapan yang bisa dipesan online, tentunya kamu bisa membandingkan dulu harga dari beragam situs OTA (Online Travel Agent).

3. Sewa Motor

Karena Solo kotanya tidak terlalu luas dan tidak semacet Jakarta, maka mengelilingi Solo bisa Kamu lakukan dengan menyewa motor dengan harga sekitar Rp 70.000 per hari.

Tapi jika tidak ingin menyewa, maka Kamu bisa menggunakan berbagai moda transportasi umum yang ada. Seperti Batik Solo Trans (BST), angkutan kota, atau mungkin ojek online.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X