5 Tips Agar Tidak Hipotermia saat Mendaki Gunung

Kompas.com - 24/07/2019, 16:46 WIB
Ilustrasi Pendaki Gunung.Shutterstock Ilustrasi Pendaki Gunung.

KOMPAS.com Hipotermia merupakan kejadian yang cukup sering dialami oleh pendaki gunung. Ini merupakan kejadian ketika suhu tubuh seseorang menurun drastis hingga di bawah 35 derajat Celcius.

Udara gunung yang dingin menjadi salah satu pemicu terjadinya hipotermia pada seseorang. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan pendaki agar tidak terkena hipotermia.

Baca juga: Udara Sedang Dingin, Ini 5 Perlengkapan yang Harus Dibawa saat Mendaki

Berikut ini adalah 4 tips agar tidak terkena hipotermia saat mendaki gunung:

1. Mendaki saat kondisi tubuh fit

Jika tubuh sedang tidak fit seperti sedang demam atau flu, lebih baik batalkan rencana mendaki gunung. Orang yang sedang sakit biasanya lebih mudah kedinginan, meski ada di suhu normal.

Udara gunung yang dingin tentu akan membuat orang yang tidak fit menjadi semakin kedinginan. Risiko mengalami hipotermia pun semakin meningkat pada pendaki yang sedang tidak fit.

2. Bawa jaket dan perlengkapan memadai

Suhu udara di gunung yang lebih dingin tentu berbeda dengan di wilayah tempat tinggal sehari-hari, misalnya perkotaan. Oleh karena itu, dibutuhkan perlengkapan yang memadai untuk mengatasi dingin di gunung.

Ilustrasi Jaket Gunung.Shutterstock Ilustrasi Jaket Gunung.

Salah satu perlengkapan itu adalah jaket. Bukan jaket biasa, melainkan jaket gunung. Itu karena udara di gunung lebih dingin sehingga butuh jaket gunung dengan bahan yang memang dirancang untuk mengatasi udara dingin.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X