Jangan Nekat Bikin Ulasan Palsu di TripAdvisor, Ini Hukumannya...

Kompas.com - 24/09/2019, 20:00 WIB
Ilustrasi PIXABAY.comIlustrasi

JAKARTA,Kompas.com - Bila kamu seorang perbisnis dan mendapat ulasan dari situs seperti Yelp, Google, TripAdvisor, ulasan palsu menjadi satu hal yang sangat mengesalkan.

Situs pengulas wisata TripAdvisor mendefinisikan ulasan palsu sebagai ulasan apa pun yang ditulis oleh seseorang yang mencoba memanipulasi peringkat rata-rata bisnis atau peringkat wisatawan secara tidak adil. Banyaknya dilakukan oleh anggota staf atau pesaing bisnis.

Pada 2018, ada 1.386.000 ulasan yang dikategorikan sebagai ulasan palsu oleh TripAdvisor.

Menariknya, menulis ulasan palsu adalah mata pencaharian bagi beberapa orang. Maka muncullah fenomena jasa pengulas palsu untuk para pebisnis.

TripAdvisor sendiri tidak main-main menanggapi ulasan palsu di situsnya. 

Dilansir dari Inc.com, salah satu kasus ulasan palsu yang dipidanakan adalah kasus pria warga negara Italia. Ia ditangkap oleh polisi dan dijatuhi hukuman denda serta penjara sembilan bulan karena mengirim lebih dari 1.000 ulasan palsu.

Baca juga: Bikin Kapok, Tertipu Ulasan Bodong Waktu Memesan Hotel

Dia rupanya bekerja untuk sebuah perusahaan bernama PromoSalento yang menjual ulasan ke restoran dan bisnis perhotelan lainnya.

Ketika TripAdvisor mengetahui jasa pembuat ulasan palsu, mereka biasanya akan membuat penyelidikan mandiri. Lantas menjadikannya operasi luas, dengan beberapa langkah seperti yang dilakukan terhadap pria Italia tersebut :

1. Pertama TripAdvisor menemukan data berupa alamat email, alamat tempat tinggal, dan koneksi pribadi.

2. Kemudian, Tripadvisor melakukan analisis forensik digital untuk mengatasi upaya dasar pria itu menutupi jejaknya (mengubah alamat email, menggunakan komputer yang berbeda, dll.)

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Inc.com
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X