Perjalanan Merapah 5 Warisan Budaya Batik Kompas.com Dimulai

Kompas.com - 07/10/2019, 18:31 WIB
Perajin batik Lasem sedang ngeblok atau menutup bagian kain menggunakan malam. TRIBUN JATENG/M SYOFRI KURNIAWANPerajin batik Lasem sedang ngeblok atau menutup bagian kain menggunakan malam.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kompas.com bekerja sama dengan PT Honda Prospect Motor menyelenggarakan Merapah 5 Warisan Budaya Batik. Kegiatan Merapah kali ini khusus untuk meliput lima daerah penghasil batik di Pulau Jawa.

Perjalanan ini berlangsung pada 7-13 Oktober 2019. Lima daerah yang disinggahi dalam Merapah 5 Warisan Budaya Batik adalah Cirebon, Pekalongan, Lasem, Surakarta, dan Yogyakarta.

Baca juga: Hari Batik Nasional, Ini 7 Kampung Tempat Belanja dan Belajar Batik

"Batik ini sebenarnya bukan cuma seni tetapi di dalam batik banyak pembuat dan produsen memiliki nlai filsafat atau sejarah. Bahkan di beberapa daerah Indonesia itu memiliki ciri khas yang berbeda satu dengan yang lain," kata Penanggung Jawab Merapah 5 Warisan Budaya Batik, Aris F Harvenda saat acara pelepasan Merapah 5 Warisan Budaya Batik di Menara Kompas, Jakarta, Senin (7/10/2019).

Menurut Aris, lima daerah tersebut dipilih karena memiliki tradisi batik yang berpengaruh besar, bahkan mendunia. Dalam liputan tersebut, tim Kompas.com yang terdiri dari kanal Otomotif dan Travel, akan menggunakan mobil Honda BR-V Prestige.

Acara pelepasan tim Merapah 5 Warisan Budaya Batik di Jakarta, Senin (7/10/2019).Kompas.com/Rio Satrio Acara pelepasan tim Merapah 5 Warisan Budaya Batik di Jakarta, Senin (7/10/2019).
"Merupakan sebuah kehormatan bisa ambil bagian di perjalanan yang sangat menarik ini. Untuk kami, tim Otomotif Kompas.com banyak memberikan ulasan dan informasi menarik, jadi salah satu kanal yang memang dituju saat mencari otomotif di Indonesia," kata Public Relation Assistant Manager PT Honda Prospect Motor Yulian Karfili, yang turut hadir dalam acara pelepasan Merapah 5 Warisan Budaya Batik.

Ia berharap Merapah 5 Warisan Budaya Batik tidak hanya dapat memberi pengetahuan dan bacaan menarik seputar otomotif, tetapi juga berita perjalanan mengenai batik, serta menyebarkan informasi akan kekayaan budaya Indonesia.

Baca juga: Kamu Suka Batik? Sambangi Tempat Ini jika Melintasi Jalur Pantura

Lewat Honda BR-V, ia pun berharap dapat membawa para pejalan ke tempat yang baru dan menjelajah budaya Indonesia.

"Apa yang bisa kami dukung melalui Honda BR-V bisa memberi perjalanan yang nyaman, bisa membawa ke mana saja dengan lebih aman," pungkasnya.

Liputan Merapah 5 Warisan Budaya Batik ditayangkan dalam bentuk artikel tulisan dan video. Simak beritanya di kanal Otomotif dan Travel Kompas.com dalam liputan khusus: "Merapah 5 Warisan Budaya Batik".

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X