Supaya Tak Stres dan Mental Lebih Sehat, Pergilah Liburan...

Kompas.com - 12/10/2019, 09:05 WIB
Ilustrasi travelling sendirian vikialisIlustrasi travelling sendirian

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap orang memiliki persepsi berbeda saat mendengar kata liburan. Apapun persepsinya, kata liburan selalu identik dengan perasaan senang, semangat, dan bahagia.

Bukan rahasia lagi bila liburan bagus untuk kesehatan fisikmu. Liburanjuga baik untuk kesehatan mentalmu?

Dikutip dari Forbes, majalah bisnis dan finansial Amerika Serikat, berikut lima alasan mengapa liburan bagus untuk kesehatan mentalmu.

1. Penghilang stress yang baik

Liburan selalu identik sebagai sarana penghilang stress. Pernyataan ini diukung oleh Dr. Tamara McClintock Greenberg, psikolog klinis yang berbasis di San Francisco dan penulis Psychodynamic Perspectives on Aging and Illness.

Menurutnya, tekanan pekerjaan dan tuntutan sehari-hari dapat mengalihkan kita dari apa yang kita anggap benar-benar bermakna dan menarik. Jadi, istirahat dari keramaian dan hiruk pikuk sehari-hari sangat penting bagi pikiranmu untuk rileks, dan mengembalikan mood-mu.

Baca juga: Tips Memilih Koper untuk Liburan

Cara apa yang paling baik untuk menerapkan hal ini, selain mengemas tas dan melintasi tujuan yang impianmu? Liburan membuat kamu bahagia dan membantumu mengalihkan pikiran dari situasi yang membuat stres.

Ini menyebabkan kadar kortisol lebih rendah, membuat kamu merasa lebih tenang dan puas.

“Ini juga membantu kita merefleksikan tujuan dan minat pribadi kita,” tambah Greenberg.

Dikutip dari Fobres, sebuah studi di tahun 2013 menyatakan, lebih dari 80 persen orang Amerika, yang disurvei, melihat penurunan stres yang signifikan hanya setelah satu atau dua hari bepergian.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Forbes
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X