Kisah Don Hasman, dari Fotografi hingga Tips Petualangan

Kompas.com - 13/10/2019, 16:00 WIB
Fotografer Don Hasman berpose di Kawah Wurung, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (5/5/2016). KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNGFotografer Don Hasman berpose di Kawah Wurung, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (5/5/2016).


JAKARTA, KOMPAS.com - Don Hasman terlihat bersemangat ketika membagikan membagikan cerita kepada generasi milenial tentang pengalaman fotografi sekaligus menjelajah Indonesia dan dunia di acara talkshow bertajuk ‘Mountaineering Talkshow’ di Atrium Mall Taman Anggrek, Jakarta, Sabtu (12/10/2019).

Laki-laki berumur 79 tahun ini bercerita tentang kecintaannya terhadap dunia fotografi yang dimulai saat umur 11 tahun.

“Saya itu kalau ditanya duluan motret apa naik gunung itu ya jawabannya duluan motret, saya motret pertama tahun 1951 umur 11 tahun, terus mulai jalan-jalan itu tahun 1953, nah baru naik gunung tahun 1961,” kata pria yang akrab disapa Om Don ini kepada para peserta acara, Sabtu (12/10/2019).

Pria yang tak lagi muda ini kemudian melanjutkan ceritanya dengan bersemangat. Sosoknya yang sederhana membuat orang seakan membuat tak percaya bahwa ia sudah menjelajahi semua pelosok kabupaten dan desa di Indonesia.

Baca juga: Don Hasman, Sosok Sederhana Panutan Fotografer Indonesia

Selain itu, ia juga sudah mengganti paspor 11 kali yang menandakan dirinya sering bepergian ke luar negeri.

Om Don juga tak lupa membagikan motivasi kepada para peserta agar dapat bersemangat meraih cita-cita jika tertarik pada dunia fotografi sekaligus menjelajah alam.

“Motivasi saya pertama karena latar belakang yaitu demikian sulit saya memulainya, tahun 50 dulu fotografer masih sangat sedikit, bisa dihitung dengan jari, dan itu kebanyakan orang asing," kata laki-laki 7 Oktober 1940 ini.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X