Wisata Cirebon, Legenda Batu Lawang yang Instagramable

Kompas.com - 16/10/2019, 11:06 WIB
Sejumlah pengunjung menikmati lokasi wisata alam Batu Lawang di Desa Cupang, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Minggu Pagi (18/3/2018). Lokasi yang baru aktif satu tahun ini memiliki ciri khas pemandangan alam Kota Kabupaten Cirebon dari atas, suasana alam yang sejuk asri, dan bebatuan dan tebing menjulang. KOMPAS.com/Muhamad Syahri RomdhonSejumlah pengunjung menikmati lokasi wisata alam Batu Lawang di Desa Cupang, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Minggu Pagi (18/3/2018). Lokasi yang baru aktif satu tahun ini memiliki ciri khas pemandangan alam Kota Kabupaten Cirebon dari atas, suasana alam yang sejuk asri, dan bebatuan dan tebing menjulang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum mampir ke Kota Cirebon, tak ada salahnya untuk berkunjung ke wisata alam Batu Lawang.

Tempat wisata ini dibuka pada 2016 dan menjadi tempat wisata yang terkenal di daerah Cirebon. Batu Lawang berlokasi Desa Cupang, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Foto-foto Batu Lawang kerap bersileweran di feed Instagram. Ya, tempat wisata ini beberapa waktu belakangan nge-hits di kalangan traveler.

"Kalau orang dulu bilangnya dulu Batu Lawang ini adalah gerbang menuju sesuatu," kata pengelola Batu Lawang, Badai, kepada Kompas.com saat ditemui dalam perjalanan Merapah 5 Warisan Budaya Batik, Cirebon, Senin (7/10/2019).

Menurut Badai, legenda tersebut ada karena pahatan alami dari tebing batu di Batu Lawang menyerupai sebuah gerbang besar.

Beda dengan zaman dahulu, Batu Lawang kini diminati sebagai obyek wisata. Di sini wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas, seperti bermain ATV, flying fox, atau berfoto selfie di anjungan foto yang tersedia.

Baca juga: Tak Cuma Empal Gentong dan Nasi Jamblang, Coba Nasi Lengko di Cirebon

Wisatawan juga dapat menjajal aktivitas panjat tebing untuk pemula dan ahli, lewat jasa panjat tebing yang tersedia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X